Mohon tunggu...
Supriyanto
Supriyanto Mohon Tunggu... Freelancer - Tuangkan apa yang dapat kamu tuangkan.Semoga bermanfaat

Let's go..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Jangan Sepelekan 3 Tips Lolos Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Swasta

2 Desember 2022   14:27 Diperbarui: 2 Desember 2022   14:45 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : pexels

Jangan Sepelekan 3 Trik Lolos Perguruan Tinggi Swasta. Persaingan di dunia kerja yang jadi ketat membawa dampak lulusan SMA berbondong-bondong mendaftarkan dirinya untuk ikuti seleksi kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN). Namun sayangnya, Daya tampung PTN ini tidak mungkin menerima semua lulusan SMA, sehingga banyak para siswa yang perlu mundur sebab nggak di terima di PTN.

Nggak perlu khawatir, meski nggak lolos PTN, anda masih memiliki peluang melanjutkan belajar di perguruan tinggi swasta (PTS) kok. Selayaknya PTN,Penerimaan Mahasiswa Baru di PTS termasuk Penerimaan Mahasiswa Suryakancana memiliki banyak seleksi masuk yang perlu anda ikuti, sehingga anda butuh lebih dari satu kiat yang dapat dilakukan sehingga dapat lolos dan kuliah di perguruan tinggi yang diinginkan. Berikut beberapa tips yang dapat anda diikuti sehingga anda dapat lolos di PTS, yuk disimak!

Jadwal masuk PTS tidak serupa bersama dengan PTN, anda perlu mengetahui terutama dulu jadwal seleksi masuk mereka sehingga nantinya nggak keliru jadwal kemudian nggak dapat tempat untuk kuliah

PTS akan membuka pendaftaran sebelum dan sehabis seleksi masuk PTN. Kamu dapat daftar PTN dulu sebelum akhirnya memutuskan untuk masuk PTS. Namun, dari awal anda udah perlu menentukan PTS mana yang anda idamkan, jadi anda sudah mengetahui jadwal seleksi PTS mana yang akan anda ikuti.

Biasanya, PTS akan membuka lebih dari satu gelombang pendaftaran

Nah, segeralah mendaftar sebab umumnya PTS akan menambahkan biaya yang lebih ringan di awal pendaftaran

Kalau nggak ingin biaya pendaftaran yang mahal, lebih baik anda mendaftar di awal pembukaan gelombang pertama. Mau bagaimana pun juga, kita selalu perlu berhemat sebelum jadi mahasiswa mandiri, kan?

   1. Sebelum tes, cari informasi dahulu model tes yang akan anda kerjakan untuk masuk di PTS yang diinginkan


Masing-masing kampus memiliki materi tes yang berbeda, anda perlu mengetahui model tes yang akan dilakukan sehingga hasil yang anda dapatkan maksimal. Biasanya tersedia kampus yang mengadakan tes tertulis, tapi tersedia juga kampus yang cuma menyelenggarakan tes wawancara lho. Jadi, ketahui dulu ya model tes yang akan anda ikuti nanti!

  2. Beberapa PTS umumnya mengadakan seleksi tes wawancara


Nah, sebelum jalankan tes wawancara, jangan lupa untuk mempersiapan dirimu lebih dulu, ya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun