Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017- 2024), dan pensiun PNS sejak 1 Februari 2024.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Green Jobs dan Kesadaran Pelestarian Lingkungan

9 Juni 2024   20:14 Diperbarui: 9 Juni 2024   20:30 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Green Job dan Kesadaran Pelestarian Lingkungan

Green Job adalah berbagai jenis pekerjaan yang mendukung pelestarian lingkungan. Pekerjaan yang mendukung pelestarian lingkungan cukup banyak dan mungkin tidak disadari oleh generasi muda bahwa aktivitas yang ditekuni atau sedang dikerjakan termasuk green job.

Menurut International Labour Organization (ILO), green job menjadi sebuah gerakan perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan agar mampu melestarikan lingkungan, baik untuk generasi sekarang maupun untuk generasi yang akan datang.

Berikut beberapa jenis pekerjaan yang termasuk green job:

1. Pemandu Wisata Ekoturisme

Banyak orang kota yang senang menikmati suasana pedesaan yang asri, alami, dan berudara sejuk. Ini merupakan peluang bagi para pemandu wisata! Objek wisata yang bernuansa pedesaan semakin banyak dilirik pengusaha. Cukup banyak muncul warung, kedai, atau kafe yang memanfaatkan alam sebagai lokasi untuk usaha.

Tentu diperlukan pemandu wisata yang berwawasan luas untuk mendukung objek wisata seperti itu. Pemandu wisata ekowisata adalah seseorang yang memimpin grup wisatawan, membuat wisatawan mengerti mengenai budaya dan sejarah alam serta lingkungan yang dikunjungi.

2. Petani Perkotaan

Saat ini masyarakat sudah mulai sadar dan peduli dengan lingkungan. Konsumen (masyarakat) akan memilih produk dengan mempertimbangkan dampak dari penggunaan produk tersebut dalam menerapkan gaya hidup berkelanjutan.

Petani perkotaan dibutuhkan untuk mendukung gaya hidup yang mempertimbangkan keberlanjutan lingkungan hijau. Petani di kota tentu sangat berbeda dengan petani di daerah pedesaan. Pada umumnya, petani di pedesaan fokus pada bidang penanaman tumbuhan produksi tertentu.

Untuk petani perkotaan ada tiga bidang yang dapat dipilih, yaitu praktik budidaya (pembibitan), praktik pemrosesan (menanam dan atau memelihara hingga panen), dan praktik distribusi. Tiga bidang itu dapat dikerjakan terpisah atau digabungkan, bergantung pada kesiapan tenaga kerja dan permodalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun