Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Artikel Utama

Pemilihan Ketua RT 022 Penajam

22 Januari 2023   21:35 Diperbarui: 23 Januari 2023   21:30 375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Calon Ketua RT 022 Penajam (dokpri)

Pemilihan Ketua RT 022 Penajam

Pemilihan Ketua RT 022 Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dilaksanakan hari Ahad, 22 Januari 2023 malam. Usai isya, warga RT 022 memadati halaman rumah Pak Ahmad Muzni.

Ketua RT petahana, Pak Ahmad Muzni mencalonkan diri lagi dalam pemilihan tersebut. Dua calon lain adalah tetangga satu deret gang beliau, yaitu Pak Muhammad Agus dan Pak Baharuddin.

Warga RT 022 Penajam siap memilih (dokpri)
Warga RT 022 Penajam siap memilih (dokpri)
Suasana begitu tenang. Warga RT 022 Penajam duduk dengan sabar menunggu proses pemilihan Ketua RT 022 periode 2023-2026. Perangkat kelurahan bekerja dengan cekatan. Ada petugas bagian penerima pendaftaran pemilih. Surat undangan dan KK (Kartu Keluarga) harus diserahkan kepada petugas.

Jumlah KK (Kepala Keluarga), menurut Pak Ahmad Muzni, sebanyak 63 (enam puluh tiga). Ada sebagian yang sudah berkeluarga dan memiliki KK tersendiri.

Tiga kandidat siap bertarung (dokpri)
Tiga kandidat siap bertarung (dokpri)
Tiga kandidat duduk bersebelahan di teras rumah ketua RT 022. Mereka duduk sesuai nomor urut. Pak Ahmad Muzni nomor urut satu. Pak Muhammad Agus nomor urut dua. Kemudian, Pak Baharuddin nomor urut tiga.

Sebelum proses pemungutan suara berlangsung, para calon ketua RT diminta menyampaikan visi dan misi lebih dahulu. Mereka diberi waktu hanya dua menit untuk berorasi.

Siap memberikan hak suara (dokpri) 
Siap memberikan hak suara (dokpri) 
Saya duduk pada kursi belakang mendengarkan visi dan misi para calon ketua RT. Di belakang saya adalah pagar rumah Pak Ramli. Gang atau jalan RT yang dipakai untuk tempat kursi-kursi. Gang itu agak lebar. Dua mobil diparkir berjajar masih cukup.

Warga memasukkan surat suara (dokpri)
Warga memasukkan surat suara (dokpri)
Proses pemungutan suara pun dimulai. Satu per satu warga dipanggil sesuai urut pendaftaran. Ada dua bilik tempat melakukan pemilihan. Warga hanya diminta menuliskan nomor urut calon ketua RT. Angka satu, dua, atau tiga yang dituliskan pada secarik kertas yang diberi tanda stempel resmi.

Setelah memberikan suara, kertas yang sudah diisi dimasukkan ke dalam kotak suara. Selanjutnya, pemilih akan diberi "hadiah" satu kotak kudapan (snack).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun