Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Motivasi untuk Kompasianer Baru

21 November 2022   07:55 Diperbarui: 21 November 2022   08:02 202
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Motivasi untuk Kompasianer Baru

Seseorang akan tergerak dan bergerak karena ada motivasi. Ada dua motivasi yang kita kenal selama ini, yaitu motivasi dari dalam diri seseorang dan motivasi dari luar. Ada yang memberi istilah motivasi internal (motivasi dari dalam diri) dan motivasi eksternal (motivasi dari luar).

Untuk memberi motivasi kepada para guru bahasa Indonesia dalam aktivitas menulis, saya, Suprihadi, membuat semacam lomba menulis artikel di "Kompasiana". Peserta adalah para guru bahasa Indonesia jenjang SMP/Mts. se-kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Tema artikel yang saya sodorkan cukup sederhana, yaitu Pengalaman Menangani Siswa di Sekolah. Waktu menayangkan artikel cukup panjang, yaitu sejak 1-28 Oktober 2022. Pemenang lomba ditentukan oleh banyaknya pembaca artikel tersebut.

Baca juga: Peserta Sementara Lomba Bulan Bahasa 2022 

Sebelum mengikuti lomba, para guru wajib membuat akun pada blog "Kompasiana". Beberapa guru yang antusias segera membuat pada saat pertemuan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) di SMP 13 PPU. Dengan penuh semangat para guru saling memberikan informasi langkah demi langkah seperti yang telah saya berikan contoh sekilas dalam pertemuan di sekolah yang dipimpin oleh Bu Lili Suriani tersebut.

Baca juga: Menangani Siswa dengan Penuh Kasih 

Rentang waktu penanyangan artikel sudah terlewati. Guru yang sudah berhasil membuat blog di Kompasiana ternyata belum semuanya menayangkan artikel. Langkah selanjutnya, saya menginfokan kepada para kepala sekolah SMP/MTs. bahwa ada lomba menulis artikel bagi guru bahasa Indonesia. Informasi itu saya bagikan dalam WAG Kepala SMP/MTs. PPU.

Pertemuan MGMP bulan November 2022 semakin dekat, saya pun memutuskan untuk memperpanjang masa penayangan artikel dan pengiriman SS (screenshoot) terkait jumlah pembaca artikel guru tersebut. Batas waktu saya perpanjang hingga dua hari sebelum pertemuan MGMP. Pertemuan MGMP dijadwalkan tanggal 19 November 2022 sehingga waktu penayangan dan pengiriman SS hari Kamis tanggal 17 November 2022.

Agar ada tambahan waktu untuk mempromosikan artikelnya, waktu pengiriman SS saya perpanjang hingga hari Jumat pukul 12.00 wita. Namun sampai batas waktu berakhir, jumlah guru yang mengirimkan SS hanya lima orang. Itu pun ada satu yang terlambat kirim dan naskahnya berupa puisi yang tidak ada kaitannya dengan tema.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun