Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Selalu ingin belajar banyak hal untuk dapat dijadikan tulisan yang bermanfaat.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017- 2024), dan pensiun PNS sejak 1 Februari 2024.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Aktivitas Rutin Menyetrika Sendiri

23 September 2022   19:37 Diperbarui: 23 September 2022   20:05 403
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aktivitas Rutin Menyetrika Sendiri

Olahraga orang sibuk berbeda dengan olahraga orang pas-pasan seperti saya. Mereka yang sibuk di kantor atau perusahaan memiliki jadwal rutin berolahraga seperti tenis, bulu tangkis, futsal, atau yang lain. Aktivitas (kerja) mereka rata-rata di ruang berpendingin atau ber-AC.

Untuk dapat mengeluarkan keringat, mereka perlu berolahraga yang benar-benar dapat mengeluarkan keringat di suatu gedung/ruang atau lapangan yang memang untuk berolahraga.

Berbeda dengan orang pas-pasan seperti saya. Olahraga yang saya lakukan termasuk olahraga untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah. Karena tidak ada ART, kami mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga. Istri sudah memiliki bagian tersendiri. Anak ragil sudah memiliki bagian sendiri. Untuk saya, selaku kepala rumah tangga juga memiliki bagian sendiri.

Pekerjaan rumah tangga bagian saya adalah mengurus diri sendiri. Pakaian kotor pribadi harus dicuci sendiri, termasuk menyetrika pakaian kerja dan pakaian sehari-hari di rumah.

Dokpri
Dokpri
Pada tanggal 21 September 2022 saya menyetrika pakaian kerja yang saya kenakan pada hari Senin dan Selasa, yaitu seragam warna khaki (coklat muda). Saya sengaja mencuci pakaian sesering mungkin. Kalau bisa setiap hari mencuci pakaian. Tujuan selain untuk mengurangi pakaian kotor yang menumpuk, yaitu tadi berolahraga! Saya sangat bersedih saat mencuci tidak keluar keringat.

Sebagai pengganti, saya upayakan saat menyetrika bisa keluar keringat. Dengan begitu, tubuh semakin sehat.

Dokpri
Dokpri
Pada hari Jumat tanggal 23 September 2022 saya menyetrika lagi. Pakaian kotor yang saya cuci pada pagi hari Jumat itu tidak begitu banyak. Dalam waktu singkat, kurang dari tiga puluh menit, saya sudah menyelesaikan urusan gosok-menggosok di atas lantai.

Beberapa tahun terakhir saya lebih suka menyetrika di atas lantai. Area lebih luas. Kedua kaki bisa leluasa bergerak. Bisa ditekuk, diselonjorkan, atau jongkok, jika perlu.

Aktivitas rutin mencuci, menyetrika, dan aktivitas pribadi yang terkait tugas rumah dapat membuat anggota badan bergerak. Jari-jemari tangan dapat bekerja dengan baik. Tubuh akan semakin sehat.

Penajam Paser Utara, 23 September 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun