Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Kata "Merubah" atau "Mengubah" yang Tepat?

17 September 2022   07:01 Diperbarui: 17 September 2022   07:11 139 8 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Kata "merubah" atau "mengubah" yang Tepat?

Kata-kata yang sering diucapkan orang dan dituliskan di berbagai media kadang-kadang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kata-kata itu sudah terlalu sering diucapkan dan dituliskan sehingga dianggap sudah benar tata cara atau ejaan dalam penulisannya.

Satu contoh kata "merubah". Sudah sering kita mendengar orang mengucapkan kata-kata itu. Sudah terlalu sering kita membaca tulisan orang seperti itu. Sebagian orang menganggap, kata itu sudah sesuai ejaan.

Benarkah sudah sesuai?

Marilah kita bahas secara perlahan. Jika kita membuka aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kita cari kata merubah, tentu tidak akan ditemukan. Kemudian kita ganti mencari kata rubah. Nah, ada dua arti kata rubah, yaitu (1) mamalia karnivor terkecil dari kelompok anjing, bermoncong panjang, (2) bentuk tidak baku dari kata ubah.

Kita bahas sekarang imbuhan "MeN-". Menurut pedoman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), kata dasar yang berawalan huruf vokal (a,i,u,e,o) jika diberi imbuhan "MeN-" akan timbul bunyi sengau "ng-".

Contoh:

meN- + angkat = mengangkat

meN- + ikat = mengikat

meN- + ekor = mengekor

meN- + obras = mengobras

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan