Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Siapkan Tisu Ukuran Tanggung untuk Berbagi

13 September 2022   18:21 Diperbarui: 13 September 2022   18:23 90 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Siapkan Tisu Ukuran Tanggung untuk Berbagi

Untuk mengelap atau membersihkan kotoran yang sedikit perlu tisu. Ada tiga jenis tisu yang dijual secara luas, yaitu tisu basah, tisu makan, dan tisu wajah. Bahan utama tisu adalah kertas. Kertas tisu sering disebut kertas selampai.

Tangan yang basah atau kotor habis memegang sesuatu perlu dibersihkan dengan tisu. Ketika kita berada dalam kendaraan umum, terkadang keringat mengalir. Sapu tangan terbuat dari kain sudah tidak begitu populer. Tisu adalah penggantinya. Namun, kita sering lupa membawa tisu. Mau beli, terkadang penjual asongan tidak tampak.

Untuk itu, selama dalam perjalanan, usahakan selalu membawa tisu sesuai ukuran yang kita sukai. Tempatkan tisu pada sisi tas, dompet, atau tenpat yang mudah dijangkau.

Berbagi Tisu di Tempat Umum 

Pernahkah kita terpikir untuk membagikan tisu ke tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi orang? Kalau Anda belum terpikir, mulai sekarang rencanakan untuk membagi-bagikan tisu ke tempat-tempat yang sering dikunjungi banyak orang.

Suatu ketika mungkin Anda singgah di sebuah warung sederhana yang tidak menyediakan tisu. Untuk itu, jangan sungkan untuk menaruh satu kotak tisu ukuran tanggung di atas meja secara diam-diam. Kalau perlu letakkan pada tempat yang strategis agar pengunjung warung berikutnya dapat memanfaatkan tisu yang Anda donasikan itu. Tidak perlu memberitahukan kepada pemilik warung. Bersedekah yang baik dilakukan secara diam-diam.

Pada kesempatan lain, Anda mungkin singgah pada tempat ibadah. Pada saat mau salat, Anda melihat ada kotoran berceceran. Jangan sungkan untuk mengelap atau membersihkan kotoran itu. Jika di tempat ibadah itu belum tersedia kertas tisu, segera letakkan satu kotak tisu yang sudah Anda siapkan. Usahakan tisu sudah dalam kondisi terbuka sehingga orang lain yang akan menggunakan tinggal mencabut lembar yang menjuntai.  

Berbuat baik tidak harus yang bernilai "besar" baik dari sisi jumlah (kuantitas)  maupun harga barang yang didonasikan. Mungkin harga tisu "tidak seberapa" tetapi manfaat yang dapat diperoleh dari yang menggunakan sungguh luar biasa.

Siapa sih, yang tidak suka kebersihan?

Penajam Paser Utara, 13 September 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan