Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Menyusun Paragraf Sederhana

13 September 2022   15:23 Diperbarui: 13 September 2022   15:38 175 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Menyusun Paragraf Sederhana

Paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru). Istilah paragraf sama dengan alinea. Pengertian alinea adalah bagian wacana yang mengungkapkan satu pikiran yang lengkap atau satu tema yang dalam ragam tulis ditandai oleh baris pertama yang menjorok ke dalam atau jarak spasi yang lebih (KBBI V).

Mengingat definisi dalam KBBI V tersebut, sebuah paragraf terdiri atas beberapa kalimat. Bisa kalimat tunggal. Bisa kalimat majemuk. Ada serangkaian kalimat dalam satu alinea. Tidak lazim satu paragraf hanya memuat satu kalimat.  

Berikut disajikan sebuah paragraf sederhana.

Masyarakat antre untuk mendapatkan gas tiga kilogram. Sejak pagi beberapa warga sudah meletakkan tabung berwarna hijau itu di dekat pangkalan penjual gas. Semakin siang semakin banyak warga yang datang. Mereka mengendarai sepeda motor. Kerumunan pun tidak terhindarkan. Rata-rata kaum wanita yang ikut antre. Jalanan di sekitar pangkalan itu dipenuhi kendaraan bermotor. Kejadian seperti itu akan berulang pada beberapa hari ke depan.

Dalam paragraf di atas terdapat delapan kalimat. Satu kalimat di awal dijelaskan pada kalimat-kalimat berikutnya.

Letak Kalimat Utama

Setiap paragraf (yang baik) akan memiliki kalimat utama. Ada tiga tempat kalimat utama diletakkan. Ada paragraf yang meletakkan kalimat utamanya pada bagian awal, pada bagian akhir dan pada semua bagian.

Contoh paragraf di atas adalah paragraf yang meletakkan kalimat utama pada bagian awal  Masyarakat antre untuk mendapatkan gas tiga kilogram.

Seorang penulis (yang baik) akan berusaha membuat paragraf dengan beberapa variasi. Ada kalanya ia meletakkan kalimat utama pada awal paragraf. Pada kesempatan lain, ia buat kalimat-kalimat penjelas lebih dahulu, baru kemudian meletakkan kalimat utama pada bagian akhir paragraf.

Penajam Paser Utara, 13 September 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan