Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Kata "Ingkar" dalam Bahasa Indonesia

11 September 2022   08:40 Diperbarui: 11 September 2022   08:45 97 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Kata Ingkar dalam Bahasa Indonesia

Dalam bahasa Indonesia ada beberapa kata ingkar untuk menyatakan sesuatu. Sebelum membahas macam-macam kata ingkar, kita perlu mengetahui lebih dahulu makna kata ingkar tersebut. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan makna kata ingkar antara lain tidak menepati, tidak mau, tidak menurut.

Salah satu kata yang sering digunakan untuk menyatakan ingkar adalah kata tidak . Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan tidak adalah partikel untuk menyatakan pengingkaran, penolakan, penyangkalan, dan sebagainya. Kata lain dari tidak adalah tiada.

Contoh-contoh kalimat di bawah ini dapat kita perhatikan bersama.

Saya mau memenuhi permintaanmu. (kalimat positif, tidak ingkar)

Saya tidak mau memenuhi permintaanmu. (kalimat ingkar)

Pada hari Senin ini upacara bendera ditiadakan.

Pada contoh kalimat ketiga di atas kita harus berhati-hati memperhatikan tulisannya. Kalimat tersebut beda tipis dengan kalimat di bawah ini.

Pada hari Senin ini upacara bendera diadakan.

Perbedaan kata diadakan dan ditiadakan hanya dua huruf yaitu ti. Kalau kita salah baca, dampaknya luar biasa. Seharusnya tidak diadakan tetapi terbaca diadakan. Suatu kebalikan yang sangat kontras.

Untuk itu, dalam membaca atau menuliskan kata ingkar, kita harus berhati-hati. Apabila ragu-ragu dengan penggunaan tiada, lebih baik menggunakan unsur yang lengkap tidak diadakan.

Penajam Paser Utara, 11 September 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan