Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Bermain Kata Terdiri Tiga Aksara

10 September 2022   15:24 Diperbarui: 10 September 2022   15:25 76 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bermain Kata Terdiri Tiga Aksara

Kata-kata dalam bahasa Indonesia ada yang hanya terdiri atas tiga huruf atau tiga aksara. Pada saat masa lalu, kata dengan tiga huruf sangat "laku" untuk mengisi TTS (Teka-Teki Silang). Untuk saat ini, jika Anda diminta menyebutkan sepuluh kata yang masing-masing hanya terdiri atas tiga huruf, berapa lama waktu yang dibutuhkan?

Nah, mari kita cocokkan jawaban Anda dengan daftar kata di bawah ini.

aba, ada, ala, apa, ara, asa, abi, aci, adi, agi, aji, aki, ami, ani, api, ari, asi, abu, acu, adu, aju, aku, alu, anu, apu, aru, ayu, ayo, bau, kau, mau, bus, dus, gus, jus, nus, sus.

Bagaimana cara mendata kata-kata di atas? Tentu saja ada cara cepat agar tidak terulang kata yang sudah kita sebutkan sebelumnya. Caranya?

Kita harus selalu menggunakan urutan alfabetis. Huruf pertama dimulai dari a dipasangkan dengan huruf alfabetis kedua: ab, kemudian dipasangkan lagi dengan huruf pertama alfabetis a, sehingga didapatkan kata aba. Kemudian huruf kedua dari aba kita ganti alfabetis ketiga. Kalau yang muncul kata yang tidak lazim, kita bisa abaikan. Kemudian kita lanjutkan abjad berikutnya, ada, dan seterusnya.

Dengan cara mencari secara bertahap, kita akan menemukan kata yang terdiri atas tiga aksara secara alfabetis. Memang diperlukan ketelitian dan kecepatan berpikir. Jika pasangan tiga huruf yang kita sejajarkan tidak memiliki makna, kita harus mengganti dengan huruf abjad selanjutnya. Begitu seterusnya hingga kita mendapatkan sejumlah kata yang kita inginkan.

Permainan tiga aksara ini dapat menjadi alternatif atau menjadi kegiatan selingan pada suatu seminar, bimtek, atau IHT (In House Training).

Cukup mengasyikkan, bukan?

Selamat mencoba!

Penajam Paser Utara, 10 September 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan