Mohon tunggu...
Suprihadi SPd
Suprihadi SPd Mohon Tunggu... Penulis - Dilahirkan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pendidikan SD hingga SMA di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kuliah D3 IKIP Negeri Yogyakarta (sekarang UNY) dilanjutkan ke Universitas Terbuka (S1). Bekerja sebagai guru SMA (1987-2004), Kepsek (2004-2017), dan Pengawas Sekolah jenjang SMP (2017-sekarang).

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Bermain Kata dengan Empat Aksara

10 September 2022   07:20 Diperbarui: 10 September 2022   07:24 59 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bermain Kata dengan Empat Aksara

Kata-kata dalam bahasa Indonesia ada yang terdiri atas empat huruf atau empat aksara.  Dari sekian banyak kata bahasa Indonesia, ada yang menarik. Sebagian kata-kata itu huruf-hurufnya bisa dibolak-balik dan membentuk kata baru yang bermakna tidak sama.

Mari kita mulai dengan kata MAIN. Dalam KBBI, kata main termasuk verba dan bermakna melakukan aktivitas untuk menyenangkan hati. Jika posisi huruf ditukar, kita akan mendapatkan kata IMAN. Menurut KBBI, kata iman termasuk nomina dan bermakna kepercayaan yang berkenaan dengan agama. Kemudian, jika hurufnya dibolak-balik lagi susunannya akan didapatkan kata NAIM yang termasuk adjektiva dan bermakna nikmat, nyaman, atau senang. Selanjutnya, jika ditukar-tukar lagi susunannya, akan didapatkan kata AMIN yang bermakna terimalah atau kabulkanlah. Kata amin sering diucapkan pada saat mengakhiri doa.

Baiklah, kita susun secara berurutan.

MAIN

IMAN

NAIM

AMIN

Masih ada kata lain yang disusun dari empat huruf di atas? Ya, kita mendapatkan kata MINA. Dalam KBBI setidaknya ada enam arti kata mina, dua di antaranya adalah ikan, pelabuhan. Selain lima kata yang didapatkan, apakah masih ada? Nah, kalau Anda menemukan, silakan mencari maknanya dalam KBBI.

Kata berikutnya yang dapat dijadikan tebak-tebakan adalah kata LUPA. Dari empat huruf itu, jika dibolak-balik urutan hurufnya dapat ditemukan kata yang lain seperti di bawah ini.

LUPA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan