Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang signifikan terhadap perkembangan pembangunan di Indonesia, apalagi saat terjadinya krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1998. UMKM mengambil peran penting membantu perekonomian Indonesia, dikarenakan hanya UMKM usaha yang masih bertahan pada saat itu.Â
Beberapa tahun belakangan, UMKM mengalami kemunduran dalam pengembangan usahanya. Hal ini dikarenakan berbagai masalah yang belum terselesaikan seperti pemanfaatan SDM, manajemen pembiayaan, pemasaran dan masalah lain yang berkaitan dengan keberlangsungan UMKM. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kinerja dan keberlangsungan UMKM .Â
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperkaya pengetahuan seorang UMKM terhadap usahanya, seperti pengetahuan dalam bidang keuangan.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memperkaya pengetahuan pelaku UMKM terhadap pengetahuan keuangan sehingga pengelolaan dan akuntabilitasnya bisa dipertanggungjawabkan dengan lebih baik sebagaimana layaknya perusahaan besar. Literatur telah banyak yang mengkonfirmasi bahwa kemampuan UMKM dalam mengenali dan mengakses sumber daya keuangan akan berdampak pada tingkat pertumbuhan UMKM. Kemampuan mengelola keuangan UMKM sangat diperlukan untuk kinerja usaha dan keberlangsungan usaha. Tanpa adanya pemahaman UMKM mengenai konsep-konsep dasar keuangan, maka UMKM tidak  bisa mengambil keputusan terkait pengelolaan keuangan. UMKM yang memiliki dasar pengetahuan keuangan yang baik akan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan keuangan yang lebih baik hal seperti pinjaman, investasi dan sebagainya. Jika dibandingkan dengan UMKM yang tidak memiliki dasar pengetahuan keuangan akan memungkinkan timbulnya resiko dalam usahanya seperti kerugian bahkan kebangkrutan.
Disitulah peran pemerintah dalam membantu UMKM, salah satunya dengan  cara melakukan sosialisasi dan edukasi kepada UMKM terkait literasi keuangan. Pemerintah harus bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada UMKM agar terjalinnya hubungan yang baik antara perusahaan dengan UMKM.
Â