Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Pemerhati humaniora dan lingkungan

.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Banyak Sekali Kandungan Alquran Juz 1

26 Oktober 2020   08:11 Diperbarui: 26 Oktober 2020   08:24 522 8 1 Mohon Tunggu...

Bismillah,

Beruntung sekali umat akhir zaman. Mengapa? Karena diberi alquran sebagai petunjuk dari Allah untuk seluruh manusia dan jin, bahkan nabinya  Muhammad saw adalah rahmatan seluruuh alam. Selain muslim alquran juga untuk non-muslim. Tulisan ini mencoba mengupas kandungan alquran juz 1.

Juz 1

Quran juz 1 terdiri alfatiha dan Albaqarah ayat 1 - 141. Juz ini dimulai dengan 7 ayat alfatiha. Dalam surah Al Fatihah, terdapat beberapa kandungan yang mencakup tujuan dari Al-Qur'an. Seperti prinsip dan turunan ajaran agama yang meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah, pengesaan dalam penyembahan, juga permohonan pertolongan melalui doa.

Al Fatihah juga mengandung prinsip-prinsip asasi semua surah-surah di dalam Al-Qur'an.

Karena  isi kandungan ketujuh ayatnya merupakan intisari dari Al-Qur'an, meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas hari akhir, keimanan atas sifat mulia Allah, pengesaan dalam penyembahan, juga permohonan pertolongan melalui doa.

Surat Al-Fatihah terdiri atas tujuh ayat. Sebagian ulama menganggap basmalah termasuk ayat pada Surat Al-Fatihah. Tetapi sebagian ulama lainnya menilai basmalah bukan sebagai bagian dari Surat Al-Fatihah. Bagi sebagian ulama tafsir, surat ini turun di Kota Makkah. Tetapi menurut ulama tafsir lainnya, surat ini turun di Kota Madinah.

Syekh M Nawawi Banten menyebut ilmu ushul, ilmu furu (syariat), ilmu tahshilil kamlt atau ilmu akhlak, dan ilmu sejarah.

Materi paling agung dalam syariat adalah ibadah, baik ibadah sosial melalui harta yang kita punya (mliyyah) maupun ibadah individual (badaniyyah). Kedua jenis ibadah ini (mliyyah dan badaniyyah) memiliki turunan berbeda dalam masalah kehidupan, yaitu masalah muamalah dan masalah perkawinan.

Ilmu akhlak adalah ilmu untuk mewujudkan kesempurnaan. Ilmu ini berisi nilai-nilai luhur. Salah satunya adalah istiqamah pada sebuah jalan yang diungkapkan melalui kalimat "iyyka nasta'n" atau "hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan".
Ilmu sejarah adalah dimuatnya mereka yang diberi nikmat dan mereka yang dimurkai dan sesat. Para nabi dan rasul adalah sejarah bagi orang-orang yang Allah beri nikmat. Sejarah orang yang sesat dan dimurkai Allah misalnya sejarah Qorun, Firaun, Hamman, Uzair ayah Ibrahim as, Abu Lahab, pamannya rasulullah.

Alfatiha sebagai obat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x