Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Pemerhati humaniora dan lingkungan

.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Keterkaitan Antara Public Health Vs Global Health dari Perspektif Islam

25 Oktober 2020   17:54 Diperbarui: 25 Oktober 2020   18:51 83 6 1 Mohon Tunggu...

Bismillah,

Saya beruntung karena setiap tahun menjadi sejumlah mata kuliah di PPSKM STIK Bina Husada Palembang. Salah satu mata kuliah semester ini adalah "global health". Yang menarik adalah bahwa aktivitas-aktivitas dalam "kesehatan masyarakat" relatif sama dengan "global health".  Tulisan ini membahas kesehatan global, kesehatan masyarakat dan keterkaitannya dengan islam.

Fokus kesehatan global

Kesehatan global berfokus pada isu-isu kesehatan dunia yang membutuhkan kerja sama lintas negara, bersifat multidisipliner, lintas sektor, dan bertujuan untuk meningkatkan dan mencapai kesetaraan status kesehatan masyarakat dunia. 

Permasalahan yang melintasi perbatasan negara atau berdampak global secara politik dan ekonomi sering menjadi perhatian utama kesehatan global. Karena itu, kesehatan global lebih berfokus pada perbaikan kesehatan seluruh dunia, pengurangan kesenjangan, dan perlindungan terhadap ancaman global yang tanpa memandang batas negara.

Berbeda dengan leaehatan global, kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan.

Untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya.

Kesehatan Masyarakat menurut pakar lain adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.

Pilar Ilmu Kesehatan Masyarakat antara lain:

1. Epidemiologi dan Biostatistika

3. Kesehatan Lingkungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x