Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Pemerhati humaniora dan lingkungan

.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelajaran Berharga tentang Menata Ruang Kota di Inggris

12 Agustus 2020   07:26 Diperbarui: 12 Agustus 2020   07:24 26 1 1 Mohon Tunggu...

Bismillah, 

Saya mengajar mata kuliah "Kebijakan Program Pembangunan daerah" untuk mahasiswa saya di Magister Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Politik ( MAP Stisipol) di kelurahan Talang Aman Palembang. Kepada mereka saya memulai dengan memberikan sejumlah karakter para administratur publik yang baik vs yang tidak baik. 

Selanjutnya para administratur harus mempunyai pengetahuan, sikap, teknologi dan manajemen wilayah yang baik. Tulisan ini mencoba memaparkan karakteristik aparatur yang baik, tujuan pendirian negara dan contoh penataan ruang di salah satu kota Inggeris.

Karakteristik administratur yang baik

Para administratur manajemen publik mesti. mempunyai karakter yang banyak dan baik.  Untuk memudah dan menyederhanakan saja maka ada tiga rongga badan yang mesti dikelola pada diri administratur publik yakni rongga perut, rongga kepala dan rongga dada.

Para administratur publik mesti telah mampu secara teratur mengisi dan diisi rongga perut dan rongga kepala mereka. Artinya mereka mesti sejahtera dan mereka mesti terlatih dan terdidik. 

Tetapi sering timbul persoalan ketika rongga dada mereka kosong. Rongga dada yang kosong menyebabkan para administratur tidak mampu mengendalikan nafsu mereka sehinggakomitmen mereka rendah dan emosi mereka terganggu.

Tujuan pendirian negara

Setelah mengingatkan mengapa para adninistratur publik diberitahu sejumlah karaker yang mesti diubah atau diperbaiki, berikut adalah upaya pemahaman kepada mahasiswa tentang tujuan pendirian NKRI. Tujuan pendirian negara ini sering terlupakan. 

Ada empat tujuan pendirian NKRI yakni: pertama, melindungi segenap tanah tumpah darah dan bangsa Indonesia; kedua, mencerdaskan kehidupan bangsa; ketiga, memajukan kesejahteraan umum; keempat, ikut mewujudkan ketertiban dunia berdasarkan atas kemerdekaan dan perdamaian abadi. 

Kepada para mahasiswa saya menekankan bahwa karakteristik administratur publik yang baik yakni terisinya ketiga rongga dalam tubuh mereka. Tidak terbatas hanya kepada terisinya rongga perut dan rongga kepala saja tetapi terisinya rongga dada adalah suatu keharusan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN