Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Dosen - Pemerhati humaniora dan lingkungan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Keliling Dunia dengan Google Earth

11 Agustus 2020   14:13 Diperbarui: 11 Agustus 2020   15:04 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Sebelum ditemukan google earth adalah mustahil melakukan keliling dunia melalui udara. Setelah ada google earth semua jadi mudah.  Tulisan ini memaparkan perjalanan keliling dunia dengan google earth.

Pulang kampung

Hampir setiap hari saya menggunakan google earth untuk pulang kampung, berpetualang ke tempat-tempat yang sudah atau belum pernah saya kunjungi. Seperti negara-negara Eropa, Asia dan Indonesia sendiri.

Saya dengan seksama akan memperhatikan tata letak rumah di desa kelahiran saya, atau di kota tempat saya membesar tepatnya di Manna, Bengkulu dan Palembang. Saya melalui grup WA Lubuk Langkap Air Nipis Bengkulu Selatan sering bertanya rumah yang ini punya siapa? Lalu dijawab oleh adik atau keponakan yang memperhatikan gambar yang saya share di grup.

Pada kesempatan  saya juga memperhatikan hamparan sawah yang bagus dan yang kekurangan air. Dari pemerhatian saya itu pernah kami buat surat terbuka kepada Menteri Pertanian dan PUPR  supaya mereka meperhatikan penderitaan masyarakat kampung kami yang  kekurangan air.

Pada lain kesempatan  saya menggunakan google earth untuk melihat hamparan sawah ayah saya, kebun kakek, kampung paman dan sebagainya.

Keliling Inggeris

Pada tahun 2019 kami, beberapa saudara, anak dan istri keliling Inggeris. Perjalanan dimulai dari London, lalu ke Bath, Liverpool, Manchester, Glasgow di Scotland di utara lalu kemabali ke Selatan  yakni London. Bila airport pertama kami tiba di Gatewick pulangnya kami melalui Heathrow airport.

Perjalanan darat punya kelemahan karena tidakbisa detail. Lagian Inggeris itu besar. Perjalanan melalui google earth punya kelebihan yakni bisa mencakup daerah yang luas. Hanya kelemahannya tidak bisa mengenali objek dengan jelas karena terbatasnya resolusi gambar yang ada. 

Mengunjungi Tempat yang fimiliar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun