Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Dosen - Pemerhati humaniora dan lingkungan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kuliah Online pada Masa Pandemi Covid 19

3 April 2020   10:51 Diperbarui: 3 April 2020   10:57 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Alhamdulillah dengan izinMu  ya Allah kami sehat dan semoga selalu sehat. Terima kasih ya rasulullah karena pengorbananmu dan perjuanganmu kami bisa jadi hidup di dunia modern swkarang ini. 

Allahumma shaliala muhammad. Sekarang ini kita masih menjalani himbauan ulama dan umaroh untuk tinggal di rumah (lock down). Kegiatan kuliah diubah menjadi online. Tapi ada sisi positif dan negatifnya. Tulisan ini mencoba memaparkan prospek dan kendala kuliah online selama program "stay home" dalam.upaya memutus rantai covid 19.

Mengajar sejumlah mata kuliah

Saya bersyukur dianugerahi kemampuan untuk mengampu sejumlah mata kuliah dan itu saya lakukan dengan menuliskannya pada blog. Blog umum tempat saya menuliskannya adalah blog kompasiana. 

Blog ini dikenal luas oleh msayarakat Indonesia maupun mancanegara. Selain jadwal dan materi kuliah saya letakkan di google classroom.  

Untuk berdialog kepada mahasiswa saya melakukannya menggunakan aplikasi zoom dan teleconference. Komunikasi lain dengan mahasiswa adalah melalui grup WA. 

1. Mata kuliah Amdal. 

Bahan ajar mata kuliah Amdal  yang saya ampu disajikan pada tulisan di kompasiana juga. Dalam materi ini disajikan sejumlah pertanyaan dan jawabannya. Apa yang dimaksud Amdal?, Peraturan apa yang mendasari pembuatan Amdal, siapa saja yang boleh membuat dokumen Amdal, apa itu dampak lingkungan adalah pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya disajikan di sini.

Pada kesempatan lain saya memaparkan bagaimana amdal dibuat atau lebih dikenal prosedur Amdal.. Lebih lengkap ada di sini.

2. Mata kuliah metode penelitian saya ampu dengan beberapa dosen. Saya mulai pemberian materi dengan memberikan penyamaan persepsi tentang apa itu penelitian, manfaat penelitian, siapa yang perlu meneliti dan sejumlah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun