Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Pemerhati humaniora dan lingkungan

.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Langkah-langkah Membuat Pertanyaan-pertanyaan Penelitian

17 Maret 2020   06:38 Diperbarui: 17 Maret 2020   07:11 4124 0 1 Mohon Tunggu...

Bismillah,

Saya semester ini mwmgajar metode penelitian untuk mahasiswa pascasarjana Kesehatan Masyarakat (MKM) Sekolah Tinggi Bina Husada Palembang. Mahasiswanya adalah para ASN (aparatur sipil negara) dari berbagai kabupaten kota se Sumatera Selatan. 

Saya memulai kuliah dengan memberi nasehat agar mereka menjalani perkuliah dengan semangat 2 K, kesungguhan dan kesabaran. Biasanya jika orang itu sungguh-sungguh maka dia akan sabar. Jika sabar maka hidupnya selalu dalam pengawasan dan pertolongan  Allah.

Jangan lupa agar kalian menyayangi keluarga yang rela berkorban untuk mendukung studi kalian. Jangan lupa bayar SPP walau dicicil biar dosen bisa digaji. Di sini mereka tertawa. Sekolah kita juga sedang membangun gedung megah untuk wisuda.

Setiap kalian adalah peneliti

Saya mengingatkan kepada para mahasiswa bahwa semua kalian adalah peneliti. Tanpa kalian sadari atau kalian sadari kalian selalu meneliti. Kalian akan bertanya keadaan orangtua, bertanya tentang keadaan anak, keadaan pasangan, keadaan teman, keadaan pekerjaan, keadaan tetangga dan keadaan cuaca dsb. Bertanya ini adalah awal dari proses meneliti.

Jika kalian mendapat jawaban yang tak perlu ditinjaklanjuti  maka kalian akan hentikan penelitian kalian tentang sesuatu. Katakanlah tentang pasangan kalian. Tetapi jika ada masalah dengan pasangan maka kalian akan tindaklanjuti dengan mencari jawaban tentang apa, mengapa dan bagaimana?

Selanjutnya kalian pasti akan melakukan konsultasi kepada yang lebih ahli. Bisa jadi kalian berdoa terlebih dahulu agar Allah memberikan bantuan untuk mengungkap misteri yang sedang kalian hadapi. Atau kalian akan  bertanya kepada psikiater, dokter, keluarga yang sudah berpengalaman, sahabat dan sebagainya. Kalian juga pasti akan melakukan wawancara, observasi dan mencari dokumen yang relevan sebagai referensi dengan permasalahan yang sedang dihadapi pasangan.

Menyusun MRQ

Penelitian ilmiah tidak boleh "copy paste" tetapi mesti original. Untuk itulah para peneliti menyusun tabel MRQ - Main research quentions. Apa itu? Itu adalah pertanyaan pertanyaan yang ingin kita cari jawabannya untuk diteliti lebih lanjut. Baik dalam pembuatan skripsi, tesis atau disertasi, atau untuk penelitian di kantor.

Umumnya kita mulai dengan What 1, 2 hingga n. Idealnya kita buat pertanyaan 1 hingga 3 buah pertanyaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x