Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Dosen - Pemerhati humaniora dan lingkungan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar dengan Membuat Vs dengan Menonton

6 Maret 2020   03:12 Diperbarui: 6 Maret 2020   06:27 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Bismillah,

Saya sudah mengajar cukup lama. Karena itu berbagai metode pembelajaran sudah saya terapkan. Metode memberi pelajaran dengan power point itu ada bagus dan tidak bagusnya. Mahasiswa hanya menonton, lalu mengcopy tapi penguasaannya kurang.  Lalu sejak lama saya menerapkan agar mahasiswa membuat blog sendiri dan mengerjakan tugas di blog itu..

Salam satu  materi yang saya ampu adalah kebijakan program pembangunan daerah atau disingkat dengan KPPD untuk mahasiswqa Magister administrasi publik.

Membuat blogspot

Terbatasnya waktu di kelas ditambah dengan kenyataan mahasiswa saya kebanyakan adalah para ASN yang sekolah sambil bekerja, saya wajibkan mereka membuat website sendiri. Gunanya agar semua catatan dituliskan dalam blog tersebut. Saya senang mereka membuat dan saya meyakini proses ini penting. 

Materi pertama adalah perbandingan  antara profil negara maju dan negara berkembang. Mereka tulis di blog maaing-masing.

Selanjutnya bahan kuliah adalah tentang perencanaan pembangunan.

Lalu pembangunan ekonomi regional.

Dalam materi ini ada perlu tiga minggu yang saya minta mereka membuat catatan dan membuat resume tentang bab-bab mengenai ekonomi regional..

Mereka membuat tulisan dalam blog dan mereka juga membuat presentasi dalam bentuk video.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun