Mohon tunggu...
Supli Rahim
Supli Rahim Mohon Tunggu... Pemerhati humaniora dan lingkungan

.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Mencari Tokoh Pemimpin Ideal

10 Desember 2019   15:15 Diperbarui: 10 Desember 2019   16:07 172 0 1 Mohon Tunggu...
Mencari Tokoh Pemimpin Ideal
Dok.pri

Bismillah, Alhamdulillah, Allahumma shaliala Muhammad.

Tulisan ini ditujukan kepada para mahasiswa saya yang notabenenya semua mereka adalah calon pemimpin. Bahkan di antara mereka sudah menjadi pemimpin. Ada yang direktur, ada yang kepala bidang dan banyak lagi. Mata kuliah mereka dengan saya adalah Kepemimpinan dan Berfikir sistem. Tepatnya saat ini mereka sedang kuliah di pasca sarjana kesehatan masyarakat STIK Bina Husada Palembang. 

Berbicara pemimpin ideal ada banyak buku dan literatur yang dapat dijadikan rujukan. Salah satu buku berjudul "Nurshing leadership and management: concepts and proactive" oleh Ruth M. tqppen (1996). Dikatakan dalam buku itu ada lima syarat pemimpin.yang ideal. Kelimanya adalah pengetahuan, kesadaran diri, komunikasi, energi dan tujuan. 

Pemimpin yang ideal itu harus mempunyai pengetahuan yang baik tentang kepemimpinan dan ilmu tentang ruang lingkup kerja profesinya.  Jika ada masalah pemimpin harus punya pemahaman yang mumpuni agar dia dapat mengambil keputusan yang tepat. Pengetahuan dan berfikir kritis mesti dimiliki sebagai dasar mengambil keputusan.

Pemimpin yang ideal mesti memahami konsep kebutuhan manusia, teori motivasi, teori bekerja dalam kelompok dan ilmu perilaku. Ia juga mesti memiliki visi yang jelas dan harus mensosialisasikan dan mengkomunikasikan kepada bawahan. 

Pemimpin yang ideal harus mengenal dirinya dengan baik, diawali dengan mengevaluasi kekurangan dan kelebihan yang dimiliki sehingga kekurangan tersebut dapat dieliminir. Kesadaran diri akan membangun rasa empati yang akan membentuk rasa kedekatan, kepercayaan dengan bawahan sehingga akan membangun suasana kerja yang harmonis.  Dengan begini tujuan yang ingin dicapai mudah diraih.

Pemimpin ideal harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik terhadap teman, bawahan, atasan karena komunikasi yang baik adalah suatu strategi dalam mempengaruhi orang lain. Pemimpin yang baik mesti mempunyai kemampuan untuk mendengarkan bawahan yang membuat mereka merasa dihargai serta menjadi sarana umpan balik dari mereka. 

Pemimpin yang baik harus tampil dengan energi.yang baik dalam penampilan dan pekerjaannya. Rasa percaya diri dan energi yang seimbang harus terus dimiliki karena dapat ditularkan kepada anak buah. Pemimpin yang energik akan memotivasi bawahan untuk produktif dalam menggapai tujuan dan misi bersama.

Pemimpin yang ideal harus mempunyai tujuan dan tindakan yang harus diambil atau dilakukan bersama. Dia mampu mengkomunikasikan tujuan dan tindakan itu dengan baik. Dengan begitu pemimpin tersebut dapat merencanakan, mengkoordinasikan, mengevaluasi dan mengorganisasikan para bawahan dengan baik untuk pencapaian tujuan.

Sejumlah tokoh dunia yang merupakan tokoh pemimpin ideal dan mempunyai semua syarat di atas adalah nabi Muhammad Saw, Umar bin khatab,  Umar bin Abdul Azis, Soekarno dan Erdogan. Mungkin juga banyak pemimpin dunia lain yang mempunyai syarat seperti di atas. Tapi sampai saat ini Rasulullah adalah tokoh pemimpin dunia yang paling ideal baik untuk urusan dunia apalagi akhirat.

Semoga kalian semua dapat menjadi pemimpin ideal pada masanya. 

VIDEO PILIHAN