Mohon tunggu...
Supli EffendiRahim
Supli EffendiRahim Mohon Tunggu... Penulis - pemerhati lingkungan dan kesehatan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Orang biasa yang ingin jadi orang baik di mata Allah

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pengobatan Penyakit dalam Islam

27 September 2021   07:28 Diperbarui: 27 September 2021   18:33 76 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Bismillah,

Islam mengandalkan dua kitab suci yakni kitabullah, Alquran dan kitab hadist nabi Muhammad saw. Yang terakhir ini dengan dengan hadist nabi.

Hadist nabi Muhammad yang terkenal adalah Sahih Buchori dan Muslim. Bagaimana pengobatan dalam islam? Ini akan dibahas di sini.

Hakikat pengobatan

Allah swt berfirman di QS Asyuara ayat 80 "Dan apabila aku sakit maka Dialah yang menyembuhkan". Lalu Allah juga berfirman di QS Ar-Ra'du ayat 11 "Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sampai mereka merubah keadaan mereka sendiri".

Dari dua ayat ini sangat jelas bahwa Allah swt ingin kita berusaha yang sungguh sungguh dalam banyak hal bahkan segala hal. Setelah itu hasilnya diserahkan kepada Allah.

Dasar Pengobatan

Allah swt dalam banyak ayat dan juga nabi Muhammad saw menyatakan bahwa semua yang ada di langit dan di bumi diciptakan Allah tanpa ada kesia-siaan atau mubazir atau bathil. Semua diciptakan dengan maksud atau tujuan. Demikian juga tumbuhan, binatang, bakteri, jamur, virus, amoeba dsb mempunyai manfaat atau bisa mendatangkan mudharat dengan izin Allah.

Banyak juga zat metafisika, jin dan syaithan serta malaikat yang dengan izin Allah akan mendatangkan mudharat dan atau manfaat kepada manusia dengan izin Allah.

Zat zat biokimia yang ada di alam bahkan yang ada dalam tumbuhan, binatang, jamur, bakteri, virus dapat menjadi racun atau juga bisa menjadi obat bagi manusia.

Pencemaran lingkungan yang terjadi di Teluk Minamata Jepang menyebabkan pemyakit pada rakyat Jepang dan rakyat dunia yang memakan ikan dan seafood dari teluk tersebut. Itu terjadi pasca bom Hiroshima dan Nagasaki yang ditembakkan oleh pasukan Sekutu di bawah pimpinan AS pada tahun 1945.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan