Mohon tunggu...
Supli EffendiRahim
Supli EffendiRahim Mohon Tunggu... pemerhati lingkungan dan kesehatan

Orang biasa yang ingin jadi orang baik di mata Allah

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Doa Sebelum Ramadhan Pergi

1 Mei 2021   04:07 Diperbarui: 1 Mei 2021   06:04 866 7 0 Mohon Tunggu...

Bismillah,

Alhamdulillah, Allahumma shaliala muhammad.

Ya Allah mengiringi kepergian ramadhan saya minta izin untuk menyampaikan doa dan harapan kami padaMu ya rabb. Terima kasih ya rabb, Kau sangat baik pada kami, walau kami belum baik, Kau sangat sayang pada kami, walau kami sakiti Kau dengan dosa-dosa kami.

Ya Allah, ya rahim, ya ghafur, sekiranya kami dalam bulan ramadhan yang pernuh berkah ini, penuh rahmat, penuh ampunan dan penuh dengan sarana untuk dihindarkan dari api neraka, ternyata kami banyak alpa, lalai dan tidak maksimal kami gunakan, maka tolonglah ampuni kami, maafkan kami. Karena sesungguhnya Kau maha luas pengampunanMu, maha penyayang diantara yang menyayangi.

Ya rabb, ya razak, jika sekiranya banyak di antara saudara kami di seluruh dunia ada dalam kesusahan, ada dalam kefakiran, ada dalam ke kesengsaraan, ada dalam masalah yang tak kunjung selesai, maka selesaikan masalah mereka, cukupkan mereka dengan harta yang luas dan halal, beri jalan keluar masalah mereka dengan cara yang terbaik, dengan cara yang barokah.

Ya Allah, ya rabbana, ya fattah, jika negara kami, saudara kami, banyak hutang, maka selesaikan semua hutang-hutang itu, carikan jalan keluar yang barokah, mudahkan pembayarannya, dan mampukan negara kami, saudara kami untuk membayar hutang-hutang itu dengan cepat, dengan cara yang tanpa diduga-duga.

Ya Allah, ya rahman, ya rahim, sayangi saudara kami yang saat ini sedang susah karena kezaliman orang lain, maka bebaskanlah, dan pada bulan ini semoga hati para pelaku untuk menyadari itu semua, karena sesungguhnya pada saat ramadhan ini Kaulah yang bisa melembutkan hati yang keras, Kaulah bisa menyelesaikan segala persoalan yang ada di bumi, di langit dan bahkan di bawah laut, di bawah tanah dan di seluruh alam semesta.

Ya Allah, ya kabir, ya latif, jika dalam hati kami, dalam hati saudara kami, ada bibit-bibit sombong, iri hati, busuk hati, dongkol hati, setengah hati, maka ubahlah hati-hati kami dan hati saudara-saudara kaki menjadi hati yang selamat, hati yang bersih, hati yang istiqomah, jangan jadikan kami punya hati yang mati, punya hati yang sakit dan hati yang terlaknat.

Ya Allah, ya hayyu, jika ada diantara kami yang hatinya sakit, yang hatinya terlaknat, maka tolong Kau ubah agar hati kaki jadi hati yang Kau beri hidayah, hati yang penuh kasih sayang, hati yang penuh dengan kepedulian.

Ya Allah, ya Waliy, lindungi kaoi, anak bangsa negara kami, keluarga kami, saudara kami, anak bangsa kami dari murka dan azab nerakaMu.

Ya Allah, ya salim, selamatkan kami dari kejahatan orang jahat, selamatkan kami dari kezaliman orang zalim, selamatkan kami dari bala bencana di dunia dan selamatkan kami dari kezaliman orang zalim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN