Mohon tunggu...
Supli EffendiRahim
Supli EffendiRahim Mohon Tunggu... Penulis - pemerhati lingkungan dan kesehatan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Orang biasa yang ingin jadi orang baik di mata Allah

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Bukuku Saya Niatkan untuk Amal Jariah Keluargaku Saja

15 April 2021   11:20 Diperbarui: 15 April 2021   14:40 211
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Alhamdulillah ketika kita search di google dengan menulis "pengendalian erosi tanah" maka akan banyak sekali dijual dan dipasarkan oleh toko buku di banyak tempat di tanah air. Buku ini diterbitkan oleh Bumi Aksara Jakarta. Hanya saja saya terkadang heran ternyata bahwa buku saya ini pernah saya dapati dijual tempat buku "luwak" atau buku lelangan. Yang mencengangkan saya adalah bahwa buku ini pernah diperbanyak oleh Direktorat di sebuah kementerian di Jakarta dan diperbanyak untuk siswa sekolah menengah. Saya semakin heran karena karena pihak penerbit tak pernah menghubungi saya atau memberitahu saya secara resmi.

Pernah dibayar dalam dolar AS

Waktu pertama kali diterbitkan oleh penerbit disebuah universitas negeri di Palembang, buku ini pernah dibiayai oleh Sebuah Kementerian di Jakarta dengan standar dolar AS. Waktu itu cukup lumayan sehingga bisa untuk membayar SPP adik yang sedang kuliah di PTN dan SPP anak di SDI swasta. 

Waktu baru terbit buku saya setiap tahun menghasilkan royalti yang cukup lumayan dan penjualannya hanya dilakukan oleh Bumi Aksara dan toko buku Gramedia. Selanjutnya buku saya banyak dijual secara online. Puluhan toko buku menjualnya di seluruh Indonesia. 

Diniatkan sebagai amal jariah keluarga

Ada teman atau keluarga yang meminta saya untuk menyelidiki jika ada penyimpangan dalam tata kelola penerbitan, perbanyakan dan perdagangan buku saya itu. Saya bilang kepada mereka  bagi saya semua baik. Jika banyak dijual dan banyak terjual, jika banyak dicetak dan banyak tercetak di luar pengetahuan saya tidak apa-apa.

Saya niatkan  buku tersebut sebagai amal jariah dan ilmu yang bermanfaat. Pahalanya saya minta kepada Allah dikirim secara berkala kepada almarhum ayah saya, ayah dan ibu mertua saya, kakek nenek saya dari ibu dan ayah, kakek nenek dari istri saya, untuk saudara ipar saya yang sudah meninggal maupun adik saya yang sudah meninggal.

Saya juga minta kepada Allah agar pahala dari terbitnya buku ini dijadikan amal jariah dan ilmu yang bermanfaat bagi saya sendiri, istri, anak-anak, mantu dan zuriyat saya sampai hati kiamat, guru-guru saya mulai dari Madrasah sampai ke perguruan tinggi.

Banyak disitasi

Banyak sekali yang mensitasi buku ini. Buku ini memang ditulis dengan bahasa Indonesia yang sederhana, sehingga mudah dimengerti oleh siapa saja yang membacanya. Pembaca buku ini bisa saja dari kalangan perguruan tinggi - dosen dan mahasiswa, peneliti. Buku ini juga merupakan bacaan yang pas untuk para guru dan siswa di sekolah menengah atas atau menengah kejuruan. Sekolah menengah kejuruan yang relevan dengan buku ini adalah SMK pertanian, perkebunan, perikanan dan kehutanan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun