Mohon tunggu...
Supli EffendiRahim
Supli EffendiRahim Mohon Tunggu... Penulis - pemerhati lingkungan dan kesehatan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Orang biasa yang ingin jadi orang baik di mata Allah

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pelajaran Berharga Penyebab Mengapa Akunku Diblok

13 April 2021   08:15 Diperbarui: 13 April 2021   08:21 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Akun diblok. Begitulah tertulis di akun kompasianaku. Pada hal sudah banyak sekali artikel, puisi, cerita yang sudah kutulis di akunku yang lama. Aku mencoba merenung mengapa sampai kompasiana memblok akunku. Jujur saya mengakui bahwa itu disebabkan pelanggaran yang sudah berulang kali saya lakukan. Apa itu? Tulisan ini mengajak pembaca untuk tidak copy paste.

Saya minta maaf

Kepada teman-teman dan kompasiana saya meminta maaf. Saya salut kepada editor kompasiana "by system" akun saya langsung diblokir karena melakukan plagiarism beberapa kali. Ketahuilah itu murni kesalahan dan kelalaian saya. Sering saya berfikir kalau itu tulisan tentang kebaikan agar dipermudah saja. Langsung copy paste. Pada hal jelas tidak baik, tidak mendidik, semberono dan tidak pantas dilakukan oleh penulis kompasiana. 

Dugaan sementara

Pelanggaran yang saya senang melakukannya adalah copy paste tulisan orang lain lalu dinodif. Kompasiana tidak mengizinkan itu. Jika kita copy paste tulisan orang lain sekitar 10 persen itupun harus dimodif. Tapi ketika sedang mengidap penyakit malas yang akut, jujur saya melakukannya. 

Janji kepada editor

Saya janji bahwa saya tidak akan melakukan copy paste tulisan orang lain. Karena itu tidak baik. Saya juga menganjurkan kepada mahasiswa agar tidak.melakukan copy paste bulat-bulat tulisan orang lain karena itu adalah plagiat. Ke depan teruslah menerapkan penalti kepada para penulis yang  yang dengan saja atau tidak melakukan praktek plagiarism, jangan dikasih ampun.

Janji kepada diri sendiri

Saya berjanji pada diriku sendiri agar tidakmelakukan copy paste tulisan orang lain karena itu tidak patut, tidak pantas, dan tidak baik. Karena copy paste adalah pekerjaan "mencuri". Mencuri itu dilarang oleh norma apapun, oleh aturan manapun dan oleh etika apapun.

Saya akan bertaubat dari melakukan plagiarism dan sejenisnya. Saya juga akan mencoba tidak mengangkat isu-isu sensitif yang berbau SARA atau sejenisnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun