Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Hormati Orang Lain Jangan Berharap Orang Lain Menghormati Kita

2 Desember 2022   03:38 Diperbarui: 2 Desember 2022   06:22 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Setiap kita solat kita selalu membaca ayat pada surat alfatiha "iyyaka nakbudhu waiyyaka wanasta'in". Hanya kepada engkau kita menyembah dan hanya kepada engkau kita meminta pertolongan. Maka apakah kita sudah dan selalu menerapkan ayat ini? Tentu kita perlu saling mengingatkan bahwa tujuan kita diutus Allah diutus Allah kemuka bumi adalah untuk tiga tugas besar. Apa itu? Akan kita bahas di dalam tulisan ini.

Sebagai khalifah

Betapa beruntungnya anak manusia sebagai anak cucu Adam. Mengapa? Karena jika jadi orang baik, orang taat, orang 'alim maka mereka itu termasuk kelompok yang Allah ridha karena mereka menunaikan tugas sebagai khalifah. Apa khalifah? itu adalah wakil tuhan di dumi. Maka hidupnya dan matinya wakil tuhan akan dijaga, dimuliakan oleh oleh Allah. Khalifah itu merupakan tugas manusia sebagai pengatur, penyelamat bumi tetapi bukan sebagai pengrusak bumi. Mereka yang suka merusak bumi akan menjadi orang yang dibenci oleh Allah. Maka jika suatu saat anda merusak di bumi segeralah bertaubat. Allah maha penerima taubat. 

Sebagai hamba Allah

Beruntunglah orang yang menjadikan dirinya sebagai hamba Allah. Kenapa? Karena manusia yang menjadi hamba Allah takkan akan menjadi hamba nafsunya, menjadi hamba manusia, menjadi hamba uang, menjadi hamba dunia. Sementara mereka yang tidak menjadi hamba Allah akan tersiksa hidupndan matinya. zmengapa? Karena hatinya penuh dengan dosa yang menjadikan hatinya gelap sehingga meskipun dia hidup sesungguhnya 

Sebagai pengajak kepada Allah

Beruntung sekali jika  selama hidupnya orang di dunia ini selain memgemban tugas sebagai khaligah, ia juga sebagai hamba Allah ditambah ia bertindak sebagai pengajak kepada ketaatan lepada Allah. Mengaa? Karena mengajak kepada Allah adalah amalan atau tindakan terbaik diantara amalan baik. Kalaupun akibat ajakannya orang tidak mempedulikannya bahkan meremehkannya tetap saja Allah akan pandang  dia sebagai da'i Allah. Orang yang begini akan Allah bantu hidup dan matinya.

Hormati otang lain jangan berharap dihormati

Orang yang menjalankan tugasnya dengan baik.baik sebagai khalifah, sebagai hamba Allah dan sebagai pengajak kepada Allah biasanya punya sifat yang ikhlas. Jiika mereka menghormati orang lain tidak berarti mereka i gin dihormati. Contohnya nabi Muhammad saw walau dibenci orang pribadinya tetap saja dia menghormati orang tersebut karena dia beramal hanya mengharapkan balasan dari Allah. Itulah makna kalimat hanya kepada Engkau kami menyembah san hanya kepada Engkau kami meminta.

Jayalah kita semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun