Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Nature

Manfaat Melimpah dari Memanen Hujan dan Menanam Pohon

27 November 2022   03:00 Diperbarui: 27 November 2022   05:38 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Banyak sekali ayat dalam alquran tentang surga. Surga digambarkan sebagai taman buah dan kebunnyang indah. Kemudian digambarkan juga bahwa di surga itu mengalir sungai-sungai di bawahnya. Itu antara lain yang memotivasi penulis untuk membangun rumah panen hujan, rumah ramah lingkungan. Semula lahan yang penulis miliki hanyalah lahan rawa yang ditanam padi dan tumbuh rumput. Setelah itu ditata -digali dan ditimbun dengan tanah galian. Lalu tanah dimatangkan dengan dibiarkan ditumbuhi rumput selama 5 tahun. Dilakukan pengapuran dan pemupukan lalu ditanam pohon.

Panen hujan

dokpri
dokpri

Hujan adalah rahmat Allah untuk manusia. Tanpa hujan bumi akan mati. Tetapi jika hujan vanak tapi tak dipanen bumi akan kevanjiran. Dengan panen hujan banyak tanaman jika kita tanam dan banyak air yang kita simpan. Pada saat yang bersamaan air tidak menjadi bencana karena menjadi penyebab genangan dan banjir. Menurut hitungan hujan yang jatuh di rumah dan haaman penulis sepanjag tahun adalah 1440 m2 x 3 m = 4320  m3.  Air sebanyak ini bisa menyebabkan kebanjiran. Jika tak dipanen akan kekurangan air pada musim kemarau.  Kemana air itu pergi? sebagian besar menguap, untuk menyiram tanaman, untuk wudhuk, untuk mandi, masuk ke bumi.

Panen buah

Di samping panen buah yang banyak di rumah penulis banyak bahan organik untuk dijadikan pupuk kompos dan pupuk cair organik yang figunakan untuk memupuk tanaman. Buah dipanen lalu hasilnya dimakan sendiri, mengasih tetangga dan keluarga serta untuk makanan ikan. Tanaman yang selalu panen adalah pokad, pisang, nangka, jambu air, mangga, lengkeng dan durian.

Panen oksigen

 Menurut para ahli kebutuhan terhadap udara tiap orang dewasa setahun sebanyak 9,5 ton. Karena kandungan oksigen hanya 23% dalam udara, dan sepertiganya lagi diekstraksi, kebutuhan oksigen orang dewasa sebanyak 740 kilogram setahun atau 2,02 kilogram per hari. Maka, berbanding terbalik dengan perhitungan di atas, satu orang manusia butuh oksigen dari 7-8 pohon sycamore. Di halaman rumah penulis ada 50 pohon pisang, 10 pohon pokad, 3 pohon lengkeng, 5 poon durian, 10 pohon pepaya, 2 pohon jambu, 3 pohon nangka, lima pohon nangka dan 7 pohon anggur.

Panen kesejukan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun