Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Politik

Cerdasnya Nasdem dan Surya Paloh Deklarasikan Anies sebagai Capres 2024

4 Oktober 2022   21:48 Diperbarui: 5 Oktober 2022   03:14 415 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Ada fenomena yang menarik yang dilakukan oleh Nasdem ketika Surya Paloh berani mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres mereka pada tahun 2024. Ini merupakan kecerdasan partai ini. Partai ini pernah mendeklarasikan lebih awal pak Jokowi sebagai Capres mereka pada tahun 2014. Pada hal kala itu pak Jokowi merupakan calon PDIP. 

Mengulang sukses Pileg 2014

Keberanian Surya Paloh dan NasDem mengusung pak Anies sebagai Capres 2024 bukan hanya pepesan kosong. Ini hanya mungkin dilakukan oleh mereka yang cerdas dan berani. Mengapa cerdas karena itu berdasarkan pada hasil survei oleh banyak pihak. Hasil survei tentang siapakan calon yang favorit di mata pemilih jika pemilu dilakukan sekarang memang selalu menempatkan pak Anies sebagai pemenang. Dari puluhan ribu responden yang ditanyai lebih dari 70 persen memilih Anies. 

Berdasarkan pengalaman dari pileg 2014 da 2019 terbukti bahwa secara nasional Nasdem mampu meraup suara yang cukup banyak yakni sekitar 6,72 persen. Sekitar 35 orang anggota DPR pusat berasal dari partai Nasdem. Diyakini pula saat ini vahwa para pemilih akan siap memilih para wakil rakyat dari partai yang mengusung calon presiden sebagai vote getter seperti Anies Baswedan. Sukses pileg partai Nasdem akan mirip dengan sukses pileg partai ini pada saat mereka mengusung pak Jokowi.

Bikin Kejutan

Diluar dugaan NasDem mempercepat deklarasi calon presiden untuk Pilpres 2024. Semula partai ini santer terdengar akan mendeklarasikan capres mereka pada tanggal 10 November 2022. Ternyata  mereka percepat menjadi 3 Oktober 2022.  Banyak teman "face book" penulis yang siap memilih partai yang mendukung pak Anies.

Untuk Pilpres tahun 2024 NasDem tercatat sebagai  partai pertama yang berani mendeklarasikan calon presiden.  Ini merupakan "feeling politik"  yang tepat.  Pada Pileg 2019 Partai NasDem  berhasil memperoleh posisi keempat secara nasional. Partai ini pada tahun  2019 meraih 59 kursi DPR dengan jumlah suara 12.661.792 (9,05 %).

Dengan mengusung  pak Anies sebagai capres 2024, Partai NasDem  diprediksi akan menempati posisi kedua  secara nasional. Kenapa? Prediksi ini didukung oleh kenyataan  partai besar sebelumnya tidak mempunyai calon yang mengungguli Anies di banyak survei.

Pandai membaca suasana kebatinan rakyat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan