Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Banyak Berdoa dan Bersyukur pada Allah

25 September 2022   14:35 Diperbarui: 25 September 2022   15:37 130 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Alquran adalah kitab Allah, tanpa ada keraguan padanya, jadi petunjuk bagi orang yang taqwa. Siapa orang yang taqwa itu? Itulah mereka yang mmeyakini yang ghaib, mendirikan solat, memberikan sebagian rezeki yang Allah berikan kepada mereka, mereka yang meyakini apa-apa ysng diturunkan kepada Engkau (Muhammad) dan apa-apa yang diturunkan kepada orang-orang sebelum Engkau (Muhammad), mereka itu benar-benar meyakini hari kiamat, mereka itu berada di atas petunjuk tuhan merrka dan mereka itu adalah orang yang menang.

Perintah Allah surat Al-ahqaf ayat 15

Allah memberi perintah untuk berbuat baik kepada kedua orangtuanya. Dilanjutkan tentang penderitasn ibu mengandung kita anak-snaknya.

Berikut terjemahan QS Al-Ahqaf ayat 15.

Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, "Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

Beri petunjuk agar dapat mensyukuri nikmat

Kepada Allah kita meminta agar dapat anugerah mensyukuri nikmatNya yang telah dianugerahkan kepada kita dan kepada orangtua kita. Terasa betul bahwa nikmat yang kita terima adalah anugerah Allah kepada orang tua kita. Mengapa? Karena tanpa doa dan pertolongan orangtua kita kita ini tidak bisa berbuat apa-apa. Lita kecil dipelihara orangtua kita, paman bibi kita, kakak abang kita, kakek nenek kita, tapi itu semua karena pandangan mereka kepada ayah ibu kita yang telah melahirkan kita, membesarkan kita, mendidik kita. Sempatkan waktu kita untuk merenung betapa pengorbanan ayah ibu kita luar jiasa untuk kita. Terutama ibu kita. 

Ibu kita memberi air susunya, memberi.makanam yang terbaik, memberi rasa hangat, melindungi kita dari gangguan lalat, ular, nyamuk, tikus dll. Ibu kita mengajari kita berkata-kata, ibu kita mengajari kita ada rasa. Demikian juga ayah kitq mengajari kita keras menghadapi dan menjalani kehidupan.

Berbuat kebaikan yang Kau ridhai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan