Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hidup Manusia, antara Nikmat dan Musibah

25 September 2022   03:00 Diperbarui: 25 September 2022   06:27 84 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Bismillah,

Semua manusia pasti diuji oleh Allah dengan dua jenis ujian. Apa itu? Mati dan hidup. Apalagi? Hal yang tak enak dan hal yang enak? Apalagi? Siang dan malam? Apalagi? Susah dan senang? Apalagi? Jalan iman atau jalan kufur? Apalagi? Jalan ke surga atau ke neraka.

Nabi-nabi sudah diutus

Dari nabi Adam sampai nabi akhir zaman semuanya sudah Allah kirimkan ke penjuru dunia, ke semua lorong waktu, ke semua kampung dan kota. Untuk apa? Untuk memberitahu tentang dua hal. Apa itu? Ada surga dan ada neraka?

Siapa saja penghuni surga? Adalah mereka yang beriman dan beramal saleh. Apa itu iman? Mereka bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah. Dan mereka bersaksi bahwa para nabi itu adalah urusan Allah dan mereka bersaksi bahwa nabi Muhammad itu itu utusan Allah dan nabi terakhir.

Apa itu amal soleh? Adalah semua perintah Allah yang ada dalam alquran dan semua amal ibadah yang dicontohkan oleh nabi Muhammad saw. Juga semua amal kebaikan yang tidak bertentangan dengan alquran dan sunnah nabi Muhammad saw.

Manusia akan dimatikan dan dihidupkan kembali

Manusia itu selama di dunia ini akan diuji dengan kehidupan dan kematian. Selama hidup ini dia akan diuji dengan kesenangan dan ketidak-senangan. Susah atau senang. Sakit atau sehat. Kaya atau miskin. Terpelajar atau bodoh. Tetapi yang penting dalam kehidupan manusia itu adalah iman dan amal soleh. Amal soleh akan sangat tergantung kepada iman. Iman mesti seperti iman para nabi, atau iman orang-orang soleh. Orang beriman itu mesti solat. Solat mesti 5 kali bahkan 7 kali sehari semalam. Orang beriman merasa diawasi Allah. Orang beriman selalu bertaubat. Orang beriman tak takut mati

Orang beriman hati-hati dal.berkata, dalam bersikap, dalam berfikir, dalam berusaha, dalam bertindak. Orang beriman solatnya khusuk. Orang beriman menghindarkan dari perkataan dan perbuatan sia-sia apalagi dosa. Orang beriman menjaga kemaluan kecuali kepada istri atau suami yang sah. Orang beriman menjaga amanah dan janji. Orang beriman menjaga solat.

Jayalah kita semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan