Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Nature

Fungsi Air bagi Pertanian

14 September 2022   09:35 Diperbarui: 15 September 2022   07:54 206 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bismillah,

Semua yang hidup Allah ciptakan dari air. QS al-Ambiya ayat 30. Karena itu air sangat vital bagi tanaman, hewan, dan semua komoditas pertanian. Karena itu air sangat vital bagi sektor pertanian, sektor kehidupan manusia. 

Tidak ada yang bisa hidup tanpa air. Tidak ada aktifitas manusia dan makhluk hidup lainnya yang bisa dilakukan tanpa air.

Air pembentuk makhluk hidup

Ketika kita melihat makhluk hidup di sekitar kitatermasuk diri kita sendiri maka kita akan berdecak kagum dengan pencipta alam ini ketika Dia berfirman bahwa semua yang hidup Kami ciptakan dari Air.  

Maka lihatlah sapi, kerbau, kambing, ayam, ayam, ikan, tumbuhan, kuda, unta, rumput-rumputan, semua pohon semua Allah ciptakan dari air. Jika makhluk tersebut lekurangan air maka mereka akan merana dan bahkan mati. 

Pengelolaan air

Mengapa air perlu dikelola? Air adalah makhluk ciptaan tuhan yang menempati ruang dan waktu. Karena itu pada waktu musim penhujan tersedia banyak air. Pada waktu musim kemarau air merupakan benda langka. 

Air ada di laut, di danau, di sungai. Pada suatu saat dan pada suatu trmpat  air dapat menjadi penyebab banjir, pada tempat dan saat yang lain air menjadi barang langka karena terjadi ketiadaan atau kekeringan air. Danau surut, sungai surut, tanah kekeringan.

Karena itu air perlu dikelola. Pengelolaan itu meliputi fungsi perencanaan,  pengadaan, pengorganisasian, pengawasan terhadap sumberdaya air. Air yang ada di sekitar kita bisa jadi dalam bentuk air hujan, air danau, air irigasi, air tanah, air mata air, air rawa dan air laut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan