Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mari Isi Kemerdekaan Negara Kita Sesuai dengan Tekad Pendiri Bangsa

17 Agustus 2022   06:13 Diperbarui: 24 Agustus 2022   16:10 127 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


Bismillah,

Bom atom dijatuhkan tentara Sekutu di dua kota Jepang yakni Hirosima dan Nagasaki. Bom pertama dijatuhkan Sekutu di Hirosima pada 6 Agustus 1945 dan Bom kedua di Nagasaki pada 9 Agustus 1945.

Tak lama setelah itu, Soekarno, Hatta dkk pergi ke Dalat Vietnam sebagai markaz Tentara Jepang untuk Asia Timur.

Di sana tentara Jepang memberitahu mereka bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945.

Didesak oleh kaum muda

Mendengar berita dari BBC bahwa pada 14 Agustus 1945 kaum muda mendesak kaum tua yang termasuk dalam BPUPKI untuk segera memproklamirkan kemerdekaan RI. Kaum tua masih tak ingin tergesa-gesa. Tetapi besarnya desakan itu menjadikan kaum tua mempersiapkan proklamasi kemerdekaan RI pada 17.8.1945.

Kemerdekaan sebagai Rahmat Allah

Kemerdekaan Indonesia bukan pemberian Jepang tetapi benar-benar rahmat Allah swt. Proklamasi itu terjadi pada hari jumaat, 9 ramadhan tahun 1364 Hijriyah.

Hari jumaat adalah hari lebaran mingguan umat islam, ramadhan adalah bulan suci, jadi tidak diragukan lagi bahwa kejadian proklamasi RI itu mestinya diperingati dengan penuh kesyukuran kepada Allah dan tidak bertentangan dengan ajaran agama.

Setelah 4 abad yang pedih

Bangsa Indonesia menyadari bahwa sebelum memperoleh kemerdekaan mereka dijajah oleh bangsa-bangsa Eropa lebih dari 400 tahun. Sebut saja Portugis, Inggeris, Perancis, Belanda dan Jepang. Para penjajah ini menguras bumi Indonesia, menjadikan rakyat bermusuhan satu sama lain atau politik "divide et empera", ditindas dengan kerja rodi dan dimarjinalkan dalam ekonomi dan pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan