Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Allah Memerintahkan Kita untuk Selalu Berbuat Adil

12 Agustus 2022   04:40 Diperbarui: 12 Agustus 2022   04:57 108 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bismillah,

Setiap hari jumaat khotib selalu berpesan tentang dua hal ini dalam khotbahnya. Pertama, Allah memerintahkan agar benar-benar bertaqwa dan jangan mati sebelum kita benar-benar dalam.kepatuhan kepada Allah (muslim). Kedua, Allah memerintahkan kepada manusia agar berbuat adil, berbuat baik alias ihsan, mengasihi sanak kerabat, menjauhkan diri dari perbuatan keji dan mungkar.  Isi khotbah para khotib tiap jumaat itu lagi dan itu lagi. Tapi yang menarik bahwa Allah mengatakan bahwa Dia Maha Adil.

 Adil itu apa?

Adil itu sulit tetapi semua harus mencoba berbuat adil. Adil itu adalah meletakkan sesuatu pada tempatnya. Adil itu dimulai dari memahami ukuran sesuatu yang akan diatur supaya adil. Langkah awal agar kita berbuat adil adalah kita mesti iqra atau membaca, memahami ukuran, memahami hobi, memahami hal yang terbaik dilakukan. Pemerintah mesti adil lepada rakyatnya. Rakyat mesti adil krpada pemerintahnya. Ayah dan ibu mesti adil kepada anak-anaknya. Anak-anaknya mesti adil kepada ayah ibunya.

Allah Maha Adil

Allah maha Adil. Begitu Dia mendeklarasikam diriNya dalam Alquran. Awal keadilan Allah adalah dalam urusan rezeki. Allah memberi rezeki kepada mereka yang dikehendakiNya. Tetapi menyempitkan siapa yang dikehendakiNya. Tapi dalam hal petunjuk Dia memberi petunjuk kepada mereka yang mau saja. Dia tidak memberi petunjuk kepada  mereka yang zalim. Allah memberi petunjuk kepada mereka yang suka berbuat kebaikan dan tidak menyombongka  diri.

Seringlah bertaubat

Agar Allah menyenangi kita maka semestinya kita selalu berdoa memohon ampunan atas dosa-dosa kita. Dosa yang sengaja maupun tidak disengaja. Selalulah berusaha untuk.lepafa sesama  kepada diri sendiri dan adil kepada makhluk lain.  Allah pasti membalas kebaikan orang yang verbuat baik. Dan Allah akan mengazab mereka yang zalimkepada sesama, kepada dirinya sendiri dan krpada Allah sendiri.

Alquran itu dijaga

Jayalah kita semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan