Mohon tunggu...
Supli rahim
Supli rahim Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan dosen

Orang biasa yang ingin mengajak masuk surga

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Ramadhan Bantu Kita Menggapai Sukses dan Mulia

2 Mei 2022   04:30 Diperbarui: 2 Mei 2022   05:56 744
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bismillah,

Dengan menyebut bismillah, alhamdulillau, pujian pada Allah, selawat kepada nabi, membaca quran dan dilanjutkan dengan memberi nasehat tentang taqwa kepada Allah. Pagi ini di seluruh dunia khususnya belahan bumi timur sudah serempak melaksanakan iedul fitri tanda sudah masuknya 1 syawal 1443 H. Sementara di bumi barat akan secara berangsur memasuki 1 syawal sesuai dengan beda waktu misalnya di Kanada dan AS terdapat perbedaan waktu 12 jam dengan kita di WIB.  Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar walillahilhamd.

Sebagai materi khutbah

Pagi ini judul khotbah saya adalah "Ramadhan mestinya membantu kita sukses dan mulia". Kebanyakan manusia sudah dan selalu terobsesi untuk sukses dunia akhirat. Untuk sukses dunia dan akhirat kita perlu meninggikan 4 ta berikut. Pertama, harta; kedua, tahta; ketiga, kata; keempat cinta. Harta di sini merupakan manifestasi dari semua yang kita perlukan untuk menopang kehidupan yakni sandang, papan, pangan dll. 

Sedangkan tahta adalah apa saja yang membuat kita berkuasa minimal kita berkuasa kepada diri kita, keluarga kita atau bahkan menjadi pemimpin di skop yang lebih besar. Tahta perlu kita terus tinggikan.

Kata adalah semua ilmu dan teknologi serta kepandaian. Kita perlu tinggikan kata dengan meningkatkan pendidikan, belajar dan belajar. Belajar masak, belajar berdagang,belajar teknologi dll.

Cinta perlu kita tinggikan. Cinta krpada Allah, kepada rasul, kepada agama, kepada sesama kita, lepada keluarga dll. Kita ini produk cinta karena itu kita mesti tinggikan terus cinta kita.

Sukses saja tidak cukup

Untuk itu kita perlu mulia. Mulia dalam memperoleh harta, mulia dalam membangun tahta, mulia dan meningkatkan kata dan mulia dalam membangun cinta. Kemuliaan ini adalah melalui amal agama secara semourna. Ramadhan mestinya kita jadikan sarana untuk meningkatkan kemuliaan harta, tahta, kata dan cinta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun