Mohon tunggu...
Supebrianto
Supebrianto Mohon Tunggu... Jurnalis - rakyat kecil

Rakyat yang peduli adalah rakyat yang kritis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pelatihan Tentang Pengendalian Hama Wereng pada Tanaman Padi

14 April 2019   02:09 Diperbarui: 14 April 2019   02:43 205 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mata pencarian di daerah pedesaan sebagian besar adalah sebagai seorang petani, hal ini adalah dampak karna di daerah pedesaan masih banyak lahan-lahan yang kosong, sehingga banyak yang  bisa di kelola menjadi lahan pertanian. Pertaniaan dijadikan sebagai mata pencarian utama atau mata pencarian pokok dalam mendapatkan penghasilan oleh masyarakat yang tinggal di pedesaan. 

Sebagian besar petani Indonesia adalah petani padi maka Indonesia pun mempunyai julukan sebagai negara agraris. dan para petani biasanya dalam menanam padi mengunakan modal sendiri atau memindam uang terlebih dahulu dari para tengkulak untuk dijadikan sebagai modal dalam menanam padi lalu mereka menjual hasil panen kepada tengkulak yang memberikan mereka modal tersebut. dalam kegiatan taninya banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh petani, masalah yang paling ditakutkan oleh para petani adalah ketika gagal panen, hal itu bisa saja terjadi karena beberapa faktor yang jadi penyebabnya, salah satunya adalah karna masalah hama yang menyerang tanaman padi, hama-hama yang biasanya menyerang  atau menganggu pertumbuhan padi salah satunya adalah walang sangit dan wereng, dan petani biasanya selama ini hanya mengatasi masalah hama tersebut dengan menggunakan obat-obatan kimia yang mereka beli di toko-toko pertanian yang tentunya harganya lumayan mahal selain itu juga dapat dari pengunaan obat-obatan kimia itu dapat mencemari lingkungan. 

namun sebenarnya petani bisa membuat obat sendiri untuk mengatasi hama tersebut dengan biopestisida. dengan bahan aktif nematoda entomotatogen, yang tentunya lebih murah dan ramah lingkungan cara pembuatannya pun mudah. biopestisida sendiri memiliki kisaran inang yang luas, memiliki kemampuan mencari inangnya, membunuh inangnya secara cepat, aman bagi lingkungan. Pestisida alami ini dapat mengendalikan hama dan penyakit tanaman tanpa menganggu kelestarian lingkungan. kita juga dapat mencegah hama wereng pada tanaman padi kita dengan menanam tanaman refegulian di sekeliling pinggiran lahan tanaman padi kita, tanaman refegulian ini dapat menarik serangga-serangga untuk hinggap dan memakan niktar dan polan pada tanaman ini, selain itu serangga-serangga ini dapat berlindung dari para predator pada tanaman ini, sehingga wereng dan walang sangit tidak jadi menyerang padi karna mereka lebih tertarik untuk hinggap pada tanaman refegulian. dari sini kita bisa tau cara memanfaatkan bahan atau tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar kita untuk digunakan dalam mencegah, mengusir dan mengatasi masalah hama wereng dan walang sanggit yang menyerang tanaman padi. selain dapat menghemat uang pengunaan bahan-bahan ini juga dapat menjaga lingkungan kita agar tetep sehat tanpa banyak tercemar dari bahan-bahan kimia akibat dari proses pertanian kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan