Mohon tunggu...
Sunu Purnama
Sunu Purnama Mohon Tunggu... Pria sederhana yang mencintai dunia sastra kehidupan.

mengapresiasi dunia...lewat rangkaian kata...^^

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Seminar Meditative Parenting

15 Juni 2021   12:33 Diperbarui: 15 Juni 2021   12:43 35 1 0 Mohon Tunggu...

" Memanusiakan manusia. Menumbuhkembangkan nilai -nilai  kemanusiaan. Membangun Budi pekerti. Semestinya ini yang menjadi tujuan Pendidikan..."

- Guruji Anand KrishnaPada masa Pandemi Covid 19 ini telah terjadi banyak perubahan di dalam kehidupan masyarakat. Dengan segala protokol kesehatan dan pembatasan untuk mengantisipasi dampak virus yang sampai saat ini masih terus berkembang dibutuhkan sebuah kesadaran baru akan hal itu. 

Hal tersebut juga berimbas dalam aspek pendidikan saat ini. Orang tua sebagai guru awal kehidupan anak manusia sekarang ini memiliki beban mendidik anak yang lebih kompleks dan anak-anak milenial generasi Z inipun memiliki tantangannya tersendiri.

Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa ini membutuhkan pendampingan yang tepat. Peduli akan hal tersebut Yayasan Anand Ashram (www.anandashram.or.id) mengadakan Seminar Meditative Parenting pada hari Minggu, 13 Juni 2021 lewat Zoom Meeting. Dihadiri kurang lebih 200 partisipan dari berbagai latar belakang dan juga usia, seminar ini menghadirkan 2 pembicara yang membahas 2 buku karya Bapak Anand Krishna yang berjudul " Bringing The Best in The Child" dan " Romancing Sindh".

Tipe Pengasuhan Anak

Dalam pemaparan sebagai pembicara pertama yaitu Ibu Dewi Juniarti, yang dikenal sebagai seorang psikolog yang telah memberikan banyak pendampingan terhadap kasus pendidikan dan hubungan antar manusia, beliau menjelaskan bagaimana kita perlu memahami dan mengenal tumbuh  kembang anak dan melakukan tindakan bagaimana yang tepat dari usia balita sampai dewasa yang akan membawa dampak pada pembentukan karakter. Beliau juga menjelaskan tentang pola-pola asuh yang sering dilakukan dalam Parenting, ada 4 

1. Autoritative Parenting

2. Permissive Parenting

3. Autoritharian Parenting

4. Uninvoled Parenting

Pola yang diterapkan orang tua juga seringkali adalah hasil dari warisan pendidikan dan berdasar pengetahuan orang tua dari Bapak Ibu mereka. Perbedaan zaman dan kondisi yang tidak disadari orang tua seringkali menjadi pemicu konflik hubungan antar orang tua dan anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN