Sunu Purnama
Sunu Purnama Wiraswasta

mengapresiasi dunia...lewat rangkaian kata...^^

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pembabaran Bhagavad Gita

15 Mei 2019   22:30 Diperbarui: 15 Mei 2019   23:12 28 0 0
Pembabaran Bhagavad Gita
Sumber foto : Anandashram.or.id

" Dua jalur ini - jalur terang dan jalur gelap - abadi adanya; demikianlah, yang selalu terjadi di dunia ini. Yang satu mengantar pada kebebasan dari lingkaran kelahiran dan kematian; yang lain mengembalikan ke lingkaran yang sama."

- Bhagavad Gita, 8 : 26

Bhagavad Gita merupakan sebuah pesan ajaran Shri Krishna kepada Arjuna ketika berada dalam keadaan posisi perang di medan Kurukshetra.

Sebuah dialog yang terjadi yang dituliskan oleh Rsi Vyasa. Mempelajari Bhagavad Gita bisa menambah pengetahuan kita tentang sosok Arjuna yang sedang kebingungan. Sosok Arjuna yang bimbang untuk menentukan sikap. Disinilah peran penting yang dibawakan oleh Shri Krishna. Peran seorang pembimbing yang menunjukkan jalan, namun selanjutnya Arjuna sendiri mesti mengambil sikap dan menentukan sendiri bagaimana menjalani peran yang telah diberikan Keberadaan.

" Bangga dengan akar budayanya dari Peradaban dan Kebudayaan Sindhu yang Gemilang, yang juga dikenal sebagai Shintu, Hindu, Indus, Indies, dan Hindia -- di mana Nusantara atau Kepulauan Indonesia adalah bagian dari peradaban tersebut sejak masa lampau -- Anand Krishna lahir di Solo, Jawa-Tengah (Indonesia), yang oleh uk Ndi -- lontar-lontar kuno yang sudah berusia ribuan tahun -- telah diramalkan sebagai Karma-Bhminya atau bumi di mana ia mesti berkarya."

Menggenapi apa yang telah diramalkan ini, Beliau mengundang kita semua untuk belajar bersama setiap hari Selasa membabar ajaran Bhagavad Gita. Seperti yang dilakukan Selasa kemarin (14/05/2019) dilakukan di Anand Ashram Ubud, dengan melanjutkan pembahasan pada Percakapan Kedelapan, Aksara Brahma Yoga, Mengenal Diri - Mengenal Gusti. Pembahasan dilanjutkan dari ayat 8: 15 sampai 8:28. 

Yang juga menarik adalah adanya Riley yang bisa dilakukan agar proses belajar bersama bisa dilakukan juga di tempat lain yaitu di One Earth Retreat ,Anand Krishna Centre Kuta, Bali dll

Pada kesempatan di Ciawi dihadiri sekitar 11 orang yang berasal dari Pasraman Pura Bogor Kota datang untuk mengikuti acara pendalaman Bhagavad Gita.

Selain secara Live Web Immersion, kita juga bisa menyaksikan tayangan video pendalaman Bhagavad Gita lewat Chanel You Tube @AnandKrishnaIndo atau juga bisa melakukan downloads gratis di www.bhagavagita.or.id .

Bhagavad Gita adalah sebuah kidung kehidupan yang dinyanyikan oleh Shri Krishna. Siapapun bisa mengambil manfaatnya. Seperti yang juga telah dilakukan Bung Karno,

" Saya sering bahkan sudah lima kali membaca Bhagavad Gita dari A sampai Z. Saya kagum di situ Saudara-saudara, Bhagavad Gita ternyata bukan kitab klenik... Gita adalah nyanyian perbuatan, nyanyian amal, nyanyian fi'il."

Jika Anda tertarik untuk ikut serta bergabung dalam pendalaman rutin Bhagavad Gita ini bisa kunjungi www.anandashram.or.id untuk mengetahui info detail nya.

Rahayu...

Bukit Pelangi, 15 Mei 2019

***