Sunu Purnama
Sunu Purnama karyawan swasta

mengapresiasi dunia...lewat rangkaian kata...^^

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

One Earth School, Sekolah untuk Membangun Karakter Manusia

14 Juni 2018   09:19 Diperbarui: 14 Juni 2018   09:50 331 0 0
One Earth School, Sekolah untuk Membangun Karakter Manusia
One Earth School

Schooling for Life, Not for Living Alone

" One Earth School was initiated by Swami Anand Krishna to bring about change within the education system. It was established in order to build the character of the next generation that will grow holistically by being able to cultivate the wisdom of the past whilst facing globalization's challenges wisely without losing their own identities."

Pendidikan seperti kita ketahui bersama merupakan sebuah pondasi yang sangat penting sekali bagi sebuah kemajuan suatu bangsa.

Pendidikan yang bukan saja bicara soal meraih prestasi setinggi-tingginya , namun juga bisa mengarahkan anak peserta didik mengembangkan potensinya. Karena setiap individu anak itu unik, maka mendidik memang membutuhkan seni dan semangat yang besar sekali untuk bisa menjadikan anak-anak peserta didik bisa maju dan berkembang ,juga dalam tataran sosial, kebangsaan dan nanti pada akhirnya bisa berperan dalam kancah dunia international.

Dalam sebuah kunjungannya, Dr. Senator  Shri I Gusti Ngurah Arya Wedhakarana merasa sangat senang, bahagia dan bangga bisa hadir mengunjungi One Earth School yang berlokasi di 

" Sekolah ini telah mengajarkan banyak hal tentang kemanusiaan, tentang spiritualitas, tetapi yang paling penting adalah mengajarkan menjadi anak-anak bangsa yang baik, yang toleransi dan yang mengedepankan suatu yang namanya gotong-royong." demikian ungkap anggota DPD yang dipilih mewakili Bali tersebut saat memberikan sambutan di depan anak-anak One Earth School.
Dalam sebuah tulisannya di "Bringing The Best in  the Child" ,  Anand Krishna menjelaskan akan sebuah pesan yang penting sekali untuk dicermati bagi semuanya,

" Tidak sedikit sekolah yang mengadopsi nilai sebagai bagian dari kurikulum. Namun, yang sering terlewat adalah menerjemahkan nilai-nilai yang diajarkan menjadi energi, serta rencana kerja untuk menguatkan hati, pikiran dan tubuh si anak." 

Silakan simak dialog Beliau dengan Ibu Archana di sini :


Nilai-nilai kemanusiaan, universal seperti apa yang dikandung dalam butir-butir Pancasila, tidak cukup hanya menjadi sebuah hapalan. Perlu juga diterapkan dengan sungguh-sungguh dalam pendidikan bangsa ini. 

One Earth School telah mencoba melakoninya dan menerapkan terhadap anak-anak di sana. Inilah sebuah sekolah yang menurut Senator Arya Wedakarana layak menjadi tempat untuk mendidik calon-calon pemimpin bangsa yang toleran, maju dan pintar.

Rahayu...

Bukit Pelangi, 13 Juni 2018