Mohon tunggu...
Nia Nurkhanifah
Nia Nurkhanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi. Belajar menulis.

Ilmu tanpa amal adalah kegilaan dan amal tanpa ilmu adalah kesia-siaan.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Ide Bisnis Menarik di Masa Pensiun

7 Agustus 2021   11:14 Diperbarui: 7 Agustus 2021   11:38 216 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ide Bisnis Menarik di Masa Pensiun
Sumber: Pexels/TristanLe

Masa pensiun adalah masa yang dikhawatirkan bagi sebagian orang yang sudah memasuki usia lanjut. Sebagian besar dari mereka berfikir bahwa masa pensiun adalah masa yang membosankan dan mempertanyakan kualitas dirinya. Sebenarnya hal ini wajar jika muncul dalam benak mereka. Namun perlu diketahui jika masa pensiun harusnya menjadi masa yang penuh kebahagiaan. 

Bagaimana kebahagiaan itu muncul ?

Sebuah kebahagiaan bagi para pensiunan dapat muncul ketika mereka mampu produktif atau menghasilkan uang meskipun sudah pensiun dari tempat kerjanya. Selain itu, kebahagiaan akan muncul ketika seorang pensiun mampu mensyukuri apa yang ia miliki saat itu. 

Lalu bagaimana seorang pensiunan bisa produktif di masa pensiun ?

Salah satu cara seorang pensiunan agar tetepa produktif dimasa pensiun adalah berbisnis. Beberapa bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh para pensiunan. Berikut ini adalah ide bisnis menarik untuk para pensiunan.

1. Bisnis Properti ( Kontrakan atau Kos-Kosan )

Bisnis ini termasuk kedalam bisnis yang menjajikan, apalagi bagi para pensiunan. Dalam pengelolaan bisnis properti seperti rumah kontrakan, kios, dan kos-kosan cukup mudah. Memang modal dalam pembangunan bisnis ini terbilang cukup besar, namun profit yang diberikan jauh lebih besar. Bisnis seperti ini juga bisa dijadikan sebagai aset bagi anak cucunya di masa depan. 

2. Bisnis Tanaman Hias

Saat ini bisnis tanaman hias sedang tren dikalangan para pensiunan. Merawat tanaman di masa tua merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian pensiunan. 

Hal ini juga dapat mengurangi stress tanpa menguras energi yang banyak. Apalagi jika tanaman tersebut memiliki nilai jual yang tinggi, pasti akan sangat cocok jika digunakan sebagai objek bisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan