Mohon tunggu...
Nia Nurkhanifah
Nia Nurkhanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi. Belajar menulis.

Ilmu tanpa amal adalah kegilaan dan amal tanpa ilmu adalah kesia-siaan.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Ingin Rambut Tidak Rontok? Hindari Kebiasaan Ini!

23 Juni 2021   14:49 Diperbarui: 23 Juni 2021   14:54 120 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Rambut Tidak Rontok? Hindari Kebiasaan Ini!
thriveglobal.com

Rambut sehat dan tidak rontok adalah dambaan setiap orang. Baik pria maupun wanita pasti ingin punya rambut sehat, kuat dan berkilau. Salah satu permasalahan yang sering di alami dalam merawat rambut adalah kerontokan atau kebotakan. Seseorang pasti tidak akan percaya diri jika rambutnya rontok dan bercabang. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kebotakan contohnya: usia, stress berlebihan, kemoterapi dan kebiasaan. 

Kerontokan rambut adalah hal yang normal, dalam sehari seseorang dapat kehilangan 50 hingga 100 helai rambut. Rambut yang rontok akan digantikan dengan tumbuhnya rambut yang baru. Seseorang yang memiliki rambut pendek akan rontok lebih sedikit daripada seseorang yang memiliki rambut panjang dan tebal. 

Perlu diketahui kebiasaan-kebiasaan sehari-hari juga dapat menyebabkan rambut rontok. Nah, berikut ini adalah kebiasaan yang perlu kamu hindari:

1. Penggunaan alat pemanas rambut terlalu sering

Alat-alat styling rambut seperti hairdryer dan catok dapat menyebabkan kerusakan kutikula. Lapisan kutkikula adalah lapisan terluar dari rambut yang berfungsi untuk melindungi rambut dari kerusakan. Jika kutikula terlalu sering terkena panas, maka lapisan tersebut akan terbuka dan akan membuat rambut bercabang. Jika kamu ingin menggunakan alat pemanas rambut lebih baik gunakan vitamin atau pelembab rambut terlebih dahulu. Serta gunakan alat pemanas dengan level rendah. 

2. Terlalu sering keramas

Biasanya seseorang keramas karena merasa rambutnya kotor dan lepek. Tetapi keramas terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan rambut. Salah satunya adalah kerontokan rambut karena berkurangnya kandungan minyak pada rambut. Selain itu, juga dapat menyebabkan rambut kering dan gampang patah. Idealnya seseorang keramas 3-4 hari sekali, agar rambut semakin sehat jangan lupa gunakan conditioner

3. Mengikat rambut terlalu kencang

Rambut akan mudah rontok apabila kita mengikat rambut terlalu kencang. Selain itu, dapat menyebabkan sirkulasi di kulit kepala terhambat dan peredaran darah menjadi kurang lancar. Sehingga menghambat proses pertumbuhan rambut yang baru. 

4. Terlalu sering begadang

Begadang membuat tubuh kita tidak bekerja secara maksimal karena kurang istirahat. Di malam hari saat seseorang tidur tubuh melakukan proses sekresi dan ekskresi. Bayangkan jika orang tersebut tidak istirahat di malam harinya atau begadang, pastinya proses sekresi dan ekskresi tidak berjalan optimal. Sehingga dapat menyebabkan tubuh mudah letih atau stress. Perlu kita ketahui bahwa stress ini berpengaruh besar pada pertumbuhan dan kesehatan rambut. Seseorang yang mudah stress, akan lebih rentan mengalami kerontokan atau kebotakan rambut. Jadi, jangan terlalu sering begadang ya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN