Mohon tunggu...
Sunayah
Sunayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sunayah

Mahasiswa pendidikan fisika di UIN Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Mekanika Kuantum dan Perkembangan Teknologi

27 Desember 2021   23:47 Diperbarui: 28 Desember 2021   11:45 694 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Teknologi mempengaruhi kehidupan miliaran orang di seluruh dunia. foto: https://pixabay.com

Halo sobat, pada masa kini semua aktivitas yang kita lakukan tidak akan lepas dari kecanggihan teknologi, dari mulai bekerja, berbelanja, membeli pakaian, makanan, memesan driver online dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan praktis hanya dengan internet dan aneka device atau smartphone yang kita miliki. 

Dari masa ke masa teknologi terus mengalami perkembangan yang sangat cepat, teknologi akan terus berevolusi seiring berkembangnya zaman. Tahukah anda bahwa Perkembangan teknologi ada kaitannya dengan mekanika kuantum? agar kalian lebih mengetahui apa saja peran mekanika kuantum terhadap perkembangan teknologi, silahkan simak ulasan berikut! 

Sebelumnya, tahukah anda apa itu mekanika kuantum? mekanika kuantum merupakan bagian cabang fisika dasar yang menjelaskan sistem atom dan subatom, aplikasi dari mekanika kuantum meliputi pengembangan kerangka acuan matematika untuk kimia kuantum, kimia komputasi, fisika atom, fisika partikel, fisika molekuler, dan fisika nuklir. 

Perkembangan teknologi yang semakin cepat mempengaruhi berbagai bidang industri. foto: https://pixabay.com
Perkembangan teknologi yang semakin cepat mempengaruhi berbagai bidang industri. foto: https://pixabay.com
Mekanika kuantum dan ilmu komputer yang bergabung menjadi kumpulan pengetahuan akan menciptakan teknologi dan aplikasi baru di banyak industri. Kecanggihan teknologi yang sangat cepat akan berdampak pada kehidupan manusia di seluruh dunia, dan mempengaruhi aktivitas manusia di segala bidang. 

Sekitar tahun 2030, para ilmuwan memperkirakan komputer tidak lagi memiliki transistor dan chip. Akibatnya, kemungkinan komputer silikon konvensional klasik tidak akan lagi digunakan, karena kecepatan komputer kuantum miliaran kali lebih cepat, bekerja tanpa menghabiskan banyak daya, dan dengan mudah dapat memecahkan aplikasi yang tidak dapat dicapai dengan bantuan komputer saat ini, sehingga penggunaan komputer kuantum akan lebih banyak di minati oleh manusia diseluruh dunia. 

Para ilmuwan telah merancang dan menganggap komputer kuantum sebagai generasi berikutnya dari komputer klasik, pada saat komputer kuantum hadir tidak hanya akan menjadi salah satu kemajuan terbesar ilmu pengetahuan dan merevolusi dunia komputasi yang sebenarnya, bahkan dapat menggantikan kecanggihan komputer saat ini.

1. Bidang medis 

Di dunia medis, nanoteknologi digunakan sebagai terapi untuk membunuh sel yang sakit, dengan kecanggihan teknologi memudahkan tenaga medis dalam pengecekan sel atau jaringan yang rusak, karena nano memiliki sifat magnetik dan ukuran nanopartikel lebih kecil dari pembuluh darah, sehingga memudahkan proses nanomaterial masuk ke dalam sel. Kemudian dengan menggunakan kontrol medan magnet di luar tubuh, partikel obat dapat diarahkan ke jaringan tubuh yang sakit. 

2. Bidang Elektronika 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan