Soenarta Aloysius
Soenarta Aloysius Alumnus USD

saya ingin belajar menulis...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mengenang Janji Perkawinan

17 April 2018   09:47 Diperbarui: 17 April 2018   09:53 996 4 3
Mengenang Janji Perkawinan
Dokpri

Setelah menyaksikan pernikahan teman hari Sabtu kemarin di Gereja Santo Fransiskus de Sales Palembang, saya menjadi teringat pada peristiwa dua tahun lalu, tepatnya tanggal 02 April 2016, saat itu saya dan istri mengikrarkan janji perkawinan di Gereja Santa Maria Pengantara Rahmat Ilahi Lahat, momen yang membahagiakan ini perlu disyukuri dan diingat-ingat jangan sampai lupa. 

Mendengarkan teman mengucapkan janji perkawinan, membuat hati saya ingin membuka lembaran lama mengenai janji pernikahan kami. Dan berikut merupakan janji pernikahan kami secara hukum Gereja Katolik, yang saya tulis merupakan momen janji perkawinan saja, masih banyak prosesi lainnya yang tidak dituliskan.

MOHON DOA RESTU

Pastor     :     ALOYSIUS SUNARTO & FRANSISKA RAHARDINI sebelum perayaan perkawinan Gereja kita laksanakan, saya persilahkan kalian berdua terlebih dahulu menghadap orang tua kalian untuk memohon restu bagi perjalanan hidup rumah tangga yang akan kalian awali ini.

Diteruskan dengan sungkeman memohon doa restu dari orang tua diiringi lagu

PERNYATAAN MEMPELAI

Pastor   :      Saudara ALOYSIUS SUNARTO & FRANSISKA RAHARDINI sekarang nyatakanlah niat kalian berdua di hadapan para saksi dan umat yang hadir di sini.

A & F    :      Pastor yang terhormat kami berdua telah bersatu hati dan saling memilih sebagai teman hidup, kami mohon kesediaan Imam untuk meresmikan hubungan kami sebagai suami istri menurut tata cara Gereja Katolik.

Pastor   :      Para saksi yang terhormat, adakah sesuatu yang menghalangi pernikahan ini menurut ketentuan Gereja Katolik ?

Saksi     :      Sepanjang sepengetahuan kami, tidak ada halangan untuk meresmikan pernikahan ini. Oleh karena itu, kami mendukung permohonan kedua mempelai ini.

Pastor   :      Mempelai berdua yang berbahagia, setelah mengadakan penyelidikan kanonik dan dikuatkan oleh pernyataan kedua saksi, maka saya selaku Imam Gereja meluluskan permohonan kalian. Akan tetapi, sebelum pernikahan ini diresmikan, nyatakanlah kesungguhan dan keikhlasan hati kalian.

A          :      Saya, ALOYSIUS SUNARTO menyatakan bahwa saya meresmikan pernikahan ini dengan ikhlas hati. Saya bersedia mencintai dan menghormati istri saya sepanjang hidup. Saya bersedia menjadi Bapak yang baik bagi anak -- anak yang akan dipercayakan Tuhan kepada saya.

F            :      Saya, FRANSISKA RAHARDINI  menyatakan bahwa saya meresmikan pernikahan ini dengan ikhlas hati. Saya bersedia mencintai dan menghormati suami saya sepanjang hidup. Saya bersedia menjadi Ibu  yang baik bagi anak -- anak yang akan dipercayakan Tuhan kepada saya.

 KESEPAKATAN PERKAWINAN

Pastor     :      Mempelai berdua, kini tiba saatnya untuk meresmikan pernikahan kalian. Saya persilahkan kalian menumpangkan tangan kanan di atas Kitab Suci ini. Teguhkanlah sekarang pernikahan kalian dengan berjanji setia satu sama lain di hadapan Tuhan, para saksi, keluarga, dan umat yang hadir di sini.

 A           :      Di hadapan Allah, Imam, para saksi dan umat yang hadir di sini, saya ALOYSIUS SUNARTOmenyatakan dengan tulus ikhlas bahwa  FRANSISKA RAHARDINIyang hadir di sisi saya mulai sekarang ini menjadi istri saya. Saya berjanji akan setia kepadanya dalam untung dan malang, suka dan duka, dalam keadaan sehat maupun sakit. Saya akan mencintai dan menghormatinya Selama hidup saya. Demikian janji saya demi Allah dan Injil suci ini.

 F           :      Di hadapan Allah, Imam para saksi dan umat yang hadir di sini, saya  FRANSISKA RAHARDINImenyatakan dengan tulus ikhlas bahwa ALOYSIUS SUNARTO yang hadir di sisi saya mulai sekarang ini menjadi  suami saya. Saya berjanji akan setia kepadanya dalam untung dan malang, suka dan duka, dalam keadaan sehat maupun sakit. Saya akan mencintai dan menghormatinya selama hidup saya. Demikian janji saya demi Allah dan Injil suci ini.

 PENERIMAAN KESEPAKATAN PERKAWINAN

Pastor     :      Atas nama Gereja Allah dan di hadapan para saksi umat Allah yang hadir di sini, saya menegaskan bahwa pernikahan yang telah diresmikan ini adalah pernikahan yang sah menurut hukum gereja Katolik. Semoga sakramen ini menjadi sumber kekuatan dan kebahagiaan bagi kalian berkeluarga, mulai sekarang dan untuk selama -- lamanya. Berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa, Bapa, Putera, dan Roh Kudus. ( )

A & F     :      Amin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3