Mohon tunggu...
sunarti kacaribu
sunarti kacaribu Mohon Tunggu... Novelis - Ibu rumah tangga

Saya seorang ibu rumah tangga yang hobi menulis dan memasak serta merawat tanaman hias. Dalam kesibukan mengurus rumah tangga, saya selalu menyempatkan diri untuk menulis. Saya juga sudah memiliki 7 novel yang sudah di kontrak oleh sebuah platform. Saya juga sudah menerbitkan 1 novel.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

7 Manfaat Menulis di Blog, Nomor 7 Bikin Happy

13 Juni 2022   19:47 Diperbarui: 13 Juni 2022   19:48 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Awal mulai terjun ke dunia literasi, setelah saya memutuskan resign dari kantor. Disela rutinitas yang cukup membosankan, saya ingin mencari hiburan yang membuat saya bahagia.  Untuk mengusir rasa jenuh, saya mulai belajar menulis dan mengikuti training kepenulisan secara online. Untuk pertama kalinya tulisan saya di muat di sebuah media online, rasanya bukan main bahagianya saat menerima bayaran atas tulisan saya. Dari sanalah saya mulai ketagihan menulis. Untuk menambah pengetahuan, saya menjadi member berbagai grup menulis.

Hingga akhirnya saya ingin memiliki blog sendiri, sebagai tempat untuk menyalurkan hobi menulis. Karena minimnya pengetahuan tentang dunia blogger, saya pun mengikuti traning lagi. Selain untuk mencari info seputar dunia blog, tentu saya ingin bergabung dengan komunitas blogger. Di komunitas ini banyak sekali manfaat yang saya rasakan. Tidak hanya menambah pengetahuan tentang blog, namun juga menambah teman yang memiliki hobi menulis. Dan ternyata berteman dengan blogger, membuat saya tidak hanya rajin menulis tetapi juga rajin membaca.

Berikut adalah 7 manfaat menulis di blog.

1. Melatih kepekaan terhadap setiap kejadian di sekitar  lingkungan

Sejak aktif menulis di blog, saya yang tadinya cuek dengan peristiwa di sekitar saya, berubah derastis menjadi peka dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Suka atau tidak, saya butuh informasi yang detail terhadap sebuah kejadian, sehingga bisa saya tulis di blog dengan info valid dan lengkap.

2. Menuangkan kretifitas dalam bentuk tulisan

Dengan adanya blog pribadi, saya bisa menuangkan ide ataupun kretifitas dalam bentuk tulisan. Terutama pengalaman yang menarik, saat bekerja di rumah sakit, atau menulis kenagan saat traveling, atau berkisah tentang tumbuh kembang sang buah hati atau juga saat saya ingin menulis cerpen. Saya bebas berkarya di blog pribadi saya, dan tentunya saya berharap, apa yang saya tulis bermanfaat untuk orang lain.

3. Agar syaraf otak tidak menciut

Menurut dokter syaraf, jika otak tidak dirangsang persyarafan otaknya berpikir, maka sel otak bisa menciut, bahkan sel sel syaraf  bisa mati. Dengan menulis di blog, otak akan tetap terangsang untuk berpikir, sehingga otak akan berkembang dengan baik dan cepat nagkap terhadap berbagai informasi.

4. Merekam setiap peristiwa penting dalam hidup baik suka maupun duka

Jika dulu saya merekam semua cerita perjalanan hidup yang menarik di sebuah diary, tapi kini semua saya rekam dalam sebuah blog. Sebagai pengingat untuk diri sendiri, atau sebagai perekam jejak untuk anak anak bahkan cucu nanti. Dan juga sebagai info untuk khalayak ramai dengan harapan bermanfaat juga untuk pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun