Mohon tunggu...
Ummi Azzura Wijana
Ummi Azzura Wijana Mohon Tunggu... Komunitas Sastrawan Wanita Indonesia 'Pena Kartini'

Perempuan, pendidik, music freak

Selanjutnya

Tutup

Cerita Ramlan Pilihan

Keseruan Buka Bersama di Angkringan

19 Mei 2018   15:26 Diperbarui: 19 Mei 2018   15:55 693 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keseruan Buka Bersama di Angkringan
Ilustrasi: ahmadmushofihasan.blogspot.com

Bulan ramadhan bagi anak-anak yang paling ditunggu biasanya adalah saat buka. Tapi sepertinya bukan anak-anak saja, orang dewasapun menunggu saat tanda buka dibunyikan. Katanya Adzan Maghrib menjadi suara paling merdu saat puasa. Karena pada saat itulah, lapar dan dahaga terbayar dengan berbagai sajian berbuka. Mulai dari sajian paling hits, kolak, hingga es buah dan teh manis. Serta makanan lain yang menyertai.

Banyak yang berbuka bersama keluarga di rumah, ada pula yang di luar atau di rumah makan. Namun di kompleks dan perkampungan, anak-anak biasanya buka bersama di masjid-masjid yang diawali dengan pengajian setelah Ashar hingga menjelang Maghrib. Kemudian dilanjutkan buka bersama teman-teman mereka dan ustad/zah pada masjid tersebut. Diakhiri dengan sholat Maghrib berjamaah.

Pengajian bagi anak-anak ini ada yang setiap hari, ada pula yang dilaksanakan berselang hari. Atau ada juga yang Sabtu dan Minggu libur. Memberi kesempatan berkumpul bersama keluarga di rumah. Saat libur pengajian ini biasanya dimanfaatkan untuk buka seru bersama keluarga. Beberapa kesempatan libur pengajian ini dengan berbuka di luar.

Alun-alun Kota Magelang. Sumber: ngadem.com
Alun-alun Kota Magelang. Sumber: ngadem.com
Banyak hal seru saat buka bersama anak-anak di luar. Biasanya kami ke tempat yang paling dekat rumah yaitu alun-alun Kota Magelang. Selain dekat dengan rumah, di dekat alun-alun juga dekat dengan masjid. Di mana saat Maghrib bisa langsung sholat di sana. Di tempat ini pula terdapat tempat jajan Tuin van Java. Banyak pedagang makanan yang berada di sebelah utara alun-alun.

Keseruan Berbuka di Angkringan

Sebelum datang adzan Maghrib, mengingat ini musim kemarau, biasanya kami main layang-layang. Anak-anak bebas berlari-lari di lapangan rumput. Menikmati kebahagiaan mereka menjadi anak-anak. Karena meskipun masih anak-anak, kesibukan mereka tak kalah dengan orang dewasa. Pagi sekolah, sore pengajian, dan malamnya tarawih. Jadi waktu sudah habis, waktu bermain sedikit berkurang.

Ilustrasi: ihsan.web.id
Ilustrasi: ihsan.web.id
Di tempat ini pula, terdapat mainan-mainan yang bisa dinikmati anak-anak dengan membayar sewa harga standar. Biasanya balita-balita yang main di sana. Ada pula penyewaan sepeda listrik yang bisa digunakan untuk berkeliling alun-alun. Hingga sepatu roda disewakan di sana, untuk menghabiskan waktu menunggu waktu berbuka.

Dokpri
Dokpri
Saat waktu berbuka tiba, saat yang ditunggu. Agar perut tak kaget dengan berbagai macam makanan, kami pesan makanan yang ada di angkringan yang ada di sebelah selatan alun-alun. Porsi sedikit dan nikmat rasanya.

Menu Angkringan

Makanan yang biasa dijadikan menu di angkringan di antaranya Nasi kucing dengan lauk oseng tempe. Ada juga Nasi Kucing dengan lauk sambal teri. Dilengkapi dengan aneka gorengan seperti tempe, tahu, dan bakwan. Anak-anak sangat menyukainya, porsi pas tidak terlalu kenyang.

Si adik paling suka dengan sate usus, sedang kakak makanan yang jadi favoritnya adalah sate bakso dan kepala ayam. Makanan ini bisa dibakar sebelum makan. Makanya itu, makanan di angkringan menjadi favorit anak. Apalagi saat puasa, ditambah minum susu jahe yang hangat dan nikmat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x