Mohon tunggu...
Sumbo Tinarbuko
Sumbo Tinarbuko Mohon Tunggu... -

dosen komunikasi visual isi yogyakarta | konsultan komunikasi visual | pemerhati budaya visual | penulis buku dekave penanda zaman masy global, semiotika komunikasi visual, iklan politik dalam realitas media | relawan komunitas reresik sampah visual | http://sumbotinarbuko.com/cv-sumbo | instagram: @sumbotinarbuko | twitter: @sumbotinarbuko | facebook: @sumbotinarbuko

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Budaya Jual Beli Pengaruh

21 September 2016   21:11 Diperbarui: 21 September 2016   21:24 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Oleh Dr. Sumbo Tinarbuko

Penangkapan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman, seperti diwartakan berbagai media massa cetak dan elektronik, membuat kredibilitas pejabat publik kian runtuh. Irman ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi karena diduga ‘’menjual’’ pengaruh dalam mengatur tambahan kuota distribusi gula impor untuk perusahaan bermasalah.

Kasus penangkapan orang nomer satu di Dewan Perwakilan Daerah menguatkan tengara budaya jual beli pengaruh di zaman budaya instan ini mendapatkan tempat empuk. Berasa lezat. Bahkan bagi para pelakunya senantiasa membangkitkan adrenalin yang membahagiakan. 

Siapa pun memiliki hak merintis karir sekaligus memantapkannya secara profesional sebagai pebisnis jual beli pengaruh. Tentu syaratnya harus punya pengaruh yang besar sekaligus kuat. Harus pula pandai memengaruhi dan piawai memilin kata-kata manis nan meyakinkan dalam kemasan janji politik. Caranya sangat mudah. Cukup dengan modal sosial ‘’sepik-sepik’’ - demikian istilah gaul anak muda sekarang – serta ditingkahi derai tawa bergembira ria, hasil finansial yang didapatkan sangat menyejahterakan. Timbunan fulus pun dalam sekejap memenuhi rekening bank pihak pebisnis dagang pengaruh yang sedang menjalankan prosesi jual beli pengaruh.

Pada titik ini, parapihak yang terlibat dan melibatkan diri dalam prosesi jual beli pengaruh layak mendapat bintang besar sebagai orang yang sukses hidup dalam cengkeraman budaya instan. Rangkaian budaya baru yang pranata sosialnya tanpa melibatkan ritual proses panjang. Sangat ringkas, padat cepat. Cukup mengucap mantra simsalabim tiga kali, semuanya tersaji hangat, lezat, nikmat, dan sangat membahagiakan.

Benarkah demikian? Tentu pembaca dapat menjawabnya sendiri secara arif dan bijaksana.

Mulutmu Harimaumu      

Mulut dengan perangkat kerasnya,  terdiri dari lidah dan suara tanpa kontrol otak adalah piranti ‘pembunuh’ paling tajam. Ketika mulut menyuarakan realitas visual yang dipungut sepihak dari pikiran tanpa konsultasi hati nurani, maka mulut pun akan mengeluarkan kata-kata kurang elok didengar. Hati pun menganga perih merasakannya. Singkatnya, keadaan semacam itu dipahami dengan sebutan komunikasi ‘mulutmu harimaumu’.      

Celakanya, dari hari ke waktu, pengikut komunikasi ‘mulutmu harimaumu’ semakin merebak. Lebih celaka lagi, tokoh masyarakat, pejabat publik dan anggota dewan acapkali menggunakan pendekatan komunikasi ‘mulutmu harimaumu’ dalam menyampaikan kehendak hati dan pikirannya pada masyarakat luas. Mereka sengaja mengeluarkan pernyataan kontroversial tanpa dilandasi pemikiran matang seturut dengan kematangan usianya. Mereka berkomunikasi ala komunikasi ‘mulutmu harimaumu’ demi mengejar popularitas diri agar menjadi bagian dari realitas media. Mereka menyeriusi diri dengan mengeluarkan pendapat  berikut kebijakan yang disandarkan pada trend komunikasi ‘mulutmu harimaumu’ agar golongan kecil yang mendukungnya terpuaskan untuk kemudian mendukungnya pada periode perebutan kekuasaan berikutnya.       

Orang Jawa membaca pendekatan komunikasi ‘mulutmu harimaumu’ ala tokoh masyarakat, pejabat publik atau pun anggota dewan memaknainya sebagai orang yang mengedepankan sifat ‘adigang, adigung, adiguna. Mereka adalah sekelompok orang ‘beruntung’ yang mengingkari dirinya ketika dipercaya memegang payung kekuasaan. Dengan hatinuraninya, rakyat menilai, tokoh masyarakat, pejabat publik dan anggota dewan seperti itu, yang memosisikan jabatan publik bukanlah sebuah amanah untuk membaktikan dirinya sebagai pelayan masyarakat.   

Hal itu terjadi, karena tuturan budi bahasanya tidak sejalan dengan perilakunya. Oleh sebab itu, dalam setiap langkahnya, mereka senantiasa memparodikan nasihat luhur  nenek moyang yang semula tertulis: ‘sepi ing pamrih, rame ing gawe’ menjadi ‘sepi ing gawe, rame ing pamrih.’ Artinya, secara semiotika, tokoh masyarakat, pejabat publik dan anggota dewan yang seperti itu adalah representasi dari pribadi serakah. Maunya untung sendiri. Sukanya menang sendiri. Mengejar hidup nyaman tanpa mau berupaya dan bekerja keras demi menyejahterakan serta mengayomi rakyatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun