Mohon tunggu...
Sumberagung Sumberbaru
Sumberagung Sumberbaru Mohon Tunggu... Lainnya - Desa Sumberagung

Webiste Desa Sumberagung, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Partisipasi KKN Kolaboratif 124 dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Desa Sumberagung

13 Agustus 2022   21:55 Diperbarui: 13 Agustus 2022   22:59 66 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

dokpri
dokpri

Jember -- Pada Jumat (12/08/22), mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif 124 turut serta membantu penyaluran Bantuan Langsung Tunai melalui Dana Desa (BLT-DD) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Sumberagung. Acara tersebut bertempat di Balai Desa Sumberagung pada pukul 08.00-11.00 WIB dengan target sebanyak 157 warga kurang mampu yang terdiri dari empat dusun. "Ada sekitar 157 warga yang mendapat bantuan," ungkap Endar Murdianto selaku Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat Desa Sumberagung.

Endar mengatakan bahwa penyaluran bantuan tersebut dilakukan secara langsung dengan mengundang penerima bantuan yang terdata untuk mengambil dana bantuan mereka. Penerima hanya perlu menyerahkan fotokopi KK atau KTP kepada perangkat desa, lalu bantuan BLT dapat diberikan. "Penyaluran menggunakan metode langsung, mbak," tutur Endar.

Pemberian bantuan tersebut merupakan salah satu usaha Desa Sumberagung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu, terutama yang tidak menerima bantuan dari pemerintah, seperti PKH, BPNT, dsb. "Ini inisiatif desa, buat men-cover masyarakat yang belum mendapatkan bantuan," jelas Endar.

Lebih jauh, adanya program BLT-DD tersebut memberikan banyak manfaat bagi warga Sumberagung yang kurang mampu dan tidak pernah mendapatkan bantuan sebelumnya. Manfaat tersebut juga dirasakan oleh Sri Wahyuni, seorang Ibu Rumah Tangga di Dusun Banjarajo Barat. "Ya, sangat bermanfaat mbak, uangnya nanti bisa dibelikan sembako, kayak beras, gula dan minyak," tutur Sri.

Sri juga berharap jika bantuan seperti ini akan terus tersalurkan secara rutin dan merata, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga kurang mampu di Sumberagung. "Harapannya ya penyaluran bantuan selanjutnya rutin dan lancar," ucap Sri.

Kunjungi Universitas Jember dan LP2M UNEJ

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan