Mohon tunggu...
Sumarni _Niiy
Sumarni _Niiy Mohon Tunggu... sumarni {2010301078}

Bismillah...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Corona Virus Meresahkan

22 Juni 2021   08:41 Diperbarui: 22 Juni 2021   18:26 39 0 0 Mohon Tunggu...

Corona virus atau covid 19 ini sudah ada sejak tahun 2019 dan sampai sekarang corona ini masih ada di dunia, terutama di indonesia sendiri.

Virus ini cukup mengguncang dunia, karena virus ini cukup berbahaya dan cepat menular keorang- orang. Cara penularan virus ini sendiri sangatlah gampang misalnya ketika seseorang yang sudah terinfeksi covid 19 batuk, bersin, atau berbica, droplen atau partikel kecil yang di sebut aerosol akan membawa virus keudara dari hidung atau mulut mereka. Dan siapapun yang berada dalam jarak dekat sama pembawa virus tersebut dapat mengrihup keparu –paru mereka, dan orang yang menghirup akan terinfeksi covid 19 juga. Virus ini dapat bertahan selama 3 jam di udara.

Maka dari itulah munculah protokol kesehatan dari pemerintah untuk mencegah dan menjaga agar covid 19 ini tidak tambah banyak kasusnya. Maka dari itu kita sebagai masyarakat harus sadar diri dan harus menaati protokol ksehatan, nahh apa ajasih protokol kesehatanya? 

Pasti kita sudah taukann! Disini saya akan menberitahukan sedikit apa aja protokol kesehatan yang harus kita jalani sebagai masyarakat. Yang pertama kita harus memakai masker kalau kemana – mana, trus yang kedua jangan lupa jaga jarak 2 meter, trus yang ketiga cuci tangan, jangan lupa pake sabun supaya virusnya mati, trus yang keempat jangan berkerumunan, dan juga jangan lupa bawa handsenitaizer kedalam tasnya. Disinilah sebagai masyarakat kita harus sadar dengan protokol kesehatan.

Bagaimanasih perkembangan covid 19 di indonesia sekarang?

Virus ini masih banyak di indonesia,  contohnya di daerah yogyakarta sekarang saya melihat disini semakin bertambah dan meningkat, disini yang saya sayangkan masih banyak orang – orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan contohnya seperti di malioborou, saya melihat disana sangat berkemurunan, walaupun ada petugas yang selalu mengawasi daerah itu tapi masyarakat banyak yang hanya memakai masker,  di depan petugas saja dan setelah mereka melewati petugas malah mereka  melepas maskernya begitu saja, tampa adanya ke khawatiran adanya penularan covid -19 tersebut.

Apa sajasih dampak dari covid-19 ini?

Dampaknya sangatlah banyak mulai dari pengangguran semakin meningkat, sekolah tatap muka di tutup, dll. kita ambil salah satu contoh saja, misalnya pada para pelajar, terutama di indonsia sendiri, menurut yang saya lihat harusnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka dan sekarang melalui media online, disini terkadang saya kasihan terhadap teman – teman kita yang daerahnya kurang bagus untuk melakukan kuliah secara online dikarenakan sinyal kurang bagus dan mereka harus mencari sinyal keluar daerah mereka untuk mengikuti pembelajaran. 

Dan ada juga yang tidak mengikuti pembelajaran ini di karenakan mereka tidak mampu mendapatkan jaringan, pembelajaran secara online juga cukup memakan uang untuk membeli kuata internet, dan pembelajaran online terdakang membuat mahasiswa menjadi bosan terkadang mereka tidur di tengah perkuliahan, dan juga menurut kesehatan yang saya ketahui berlama – lama dalam menatap suatu layar seperti komputer, dan hp akan membuat mata kita kering, lelah dan juga pembuluh darah mata kita pecah.

Dan adapun contoh lain yang sayang meresahkan untuk di kalangan masyarakat, sepertia biasa tiap tahun di adakan ibadah haji ketanah suci dan sekarang meresahkan sekali bagi mereka mereka udah menunggu giliran selama 10 tahun dan karena covid keberangkatan mereka di tunda terus,  kondisi ini di rasakan oleh kedua orang tua saya sendiri,  pertama kali nama mereka keluar dan di nyatakan akan brangkat haji betapa bahagaianya mereka dan beberapa bulan udah menghanbiskan uang buat beli ini itu buat keperluan mereka dan ujung ujungnya di batalkan karena ada covid 19 ini.

Jadi intinya pandemi covid- 19 ini cukup membawa bencana besar bagi dunia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x