Mohon tunggu...
Sultan Saiful
Sultan Saiful Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer

Pendidikan UNIVERSITY, LOVED TO TRAVEL AND READ SOME BOOKS

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Mencari Novel Karya Sandra, "Kisahku Berawal dari Sana"

18 Agustus 2019   00:45 Diperbarui: 18 Agustus 2019   00:54 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mencari setting novel Sandra

Siapakah penulis yang bernama Sandra? Ada baiknya saya jelaskan sepintas perkenalan saya dengan bukunya. Pada waktu saya masih sangat belia , saya meminjam bukunya di Perpustakaan sekolah . Di sampul bukunya tertulis nama penulis, Sandra. Hanya Sandra.

Pada masa itu, usia kami yang masih belasan tahun, dan lucunya novel itu saya baca berulang -ulang. Apa keistimewaan novel Sandra.  

Sandra, dalam novelnya memberikan gambaran sebagai anak yang berpenyakit "sesuatu" dan oleh bapaknya , dia diharuskan beristirahat di rumah yang jauh dari kota. Bapaknya sebagai peneliti arkeolog , sering meninggalkannya. Jadilah dia ditemani oleh Ibu yang tinggal di Kampung tersebut.

Setting novel Sandra di Puncak , Bogor
Setting novel Sandra di Puncak , Bogor
Deskripsi alam yang digambarkan oleh Sandra, saya menarik kesimpulan bahwa setting ceritanya, terletak di Puncak, nyanyian pohon pinus dan minuman susu yang dicampur dengan gula merah, adalah kebiasaan pendududuk  lokal di puncak, Bogor , atau di Lemban , Bandung.

Sandra menggambarkan dirinya sedang duduk di padang rumput, sambil menikmati senja, di halaman rumahnya. 

Kenapa Novelnya begitu dahsyat terhadapku. Pada masa umur sangat belia, saya tidak pernah berkhayal atau bermimpi bahwa saya akan tinggal di Jakarta  dan menjelajah Bogor sampai puncak. 

Pada waktu itu, saya berdiam di sebuah wilayah yang sangat jauh dari Jakarta. Kisah orang Jakarta yang dituangkan dalam novel, selalu jadi incaran saya untuk saya baca. Dan novel Sandra telah berhasil mencuru hati saya , sampai -sampai saya terkesan untuk menyimpannya dalam hati. 

Setelah dewasa, berusia seperti ini, dan professi saya memberikan saya support bahwa saya sudah lama stay di Jakarta. Dan di waktu senggang kadang -kadang mengingat masa lalu saya yang indah. 

Lokasi novel Sandra , sudah lama saya jelajahi, yaitu di Puncak, Bogor dan saya meyakini bahwa disinilah lokasi karya nobel tersebut.  

Keinginan saya adalah mencari novelnya . Ketika, saya mencoba menelusri google dan play book, ternyata semua nihil . Lalu di mana saya harus mencarinya ? 

Adakah perpustakaan menyimpan novel tersebut . Ataukah saya bisa menemukannya di Perpustakaan HB Jassin, di TIM? Saya tentu serius untuk ke sana? 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun