Mohon tunggu...
Sultani
Sultani Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Senang menulis kreatif berbasis data

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Ingin Nyaman Kerja di Ruang Kerja Bersama, Jangan Egois dan Sok Penting!

25 Juni 2024   17:03 Diperbarui: 29 Juni 2024   16:20 404
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ruang kerja bersama atau coworking space sebagai tren baru dalam dunia kerja (Sumber: Kompas.com)

Di era yang serba modern ini, bekerja dari berbagai tempat tanpa batasan ruang dan waktu sudah menjadi tren yang populer.

Fenomena orang yang bekerja secara remote maupun hybrid kini menjadi pilihan utama karena fleksibilitas dalam memilih tempat bekerja dan kapan waktu untuk bekerja. 

Sebagian model bisnis sekarang telah menciptakan konfigurasi kerja yang berbeda, dan sebagai hasilnya, ruang kerja bersama atau coworking space telah muncul sebagai bentuk kantor yang baru.

Di sinilah ruang kerja bersama (coworking space) memainkan perannya sebagai solusi bagi para pekerja independen, seperti kaum nomaden digital (digital nomads) yang sudah tidak membutuhkan lagi tempat untuk kerja yang menetap di dalam suatu gedung atau kantor seperti pada umumnya. 

Ringkasnya, ruang kerja bersama adalah lingkungan yang didesain untuk mengakomodasi para pekerja dari berbagai perusahaan yang ingin datang untuk bekerja.

Coworking space merepresentasikan sebuah ruang kerja komunal yang mempertemukan pengusaha dan pekerja dari berbagai model bisnis, di mana semua fasilitas, layanan dan peralatan yang ada di dalam ruang kerja bersama ini digunakan secara bersama-sama. 

Biasanya, ruang kerja yang menampung pekerja secara terbuka ini dikelola oleh pihak ketiga. Popularitas ruang kerja bersama yang mulai menanjak tiga atau empat tahun belakangan, ternyata berhasil menciptakan kultur kerja yang berbeda dari tempat kerja model kantoran yang sudah konvensional.  

Ilustrasi ruang kerja bersama sebagai pusat komunitas dan kolaborasi pekerja (Sumber: Bisnis.com)
Ilustrasi ruang kerja bersama sebagai pusat komunitas dan kolaborasi pekerja (Sumber: Bisnis.com)

Ruang kerja bersama ini memiliki ciri sebagai tempat kerja bersama sekaligus pusat komunitas dan kolaborasi. Coworking space kini menjadi ruang sosial di mana para pekerja dari berbagai latar belakang bisa datang bersama, berbagi pengetahuan dan keahlian, sekaligus menciptakan ide-ide baru. 

Di sinilah tempat yang nyaman bagi pekerja remote untuk terus bertemu dan berkolaborasi dengan rekan kerja tanpa harus melakukan perjalanan jauh. 

Wajar saja, jika konsep ruang kerja bersama ini banyak dijadikan pilihan perusahaan besar untuk memangkas biaya atas penggunaan ruang kantor yang tidak terpakai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun