Mohon tunggu...
Sultan Ekti Imawan
Sultan Ekti Imawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen di Universitas Jendral Soedirman

Head Officer of Media Information and Technology in HMJM FEB Unsoed

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Search Engine Marketing dalam Bisnis Online

7 Oktober 2022   00:20 Diperbarui: 7 Oktober 2022   00:24 139 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Google Search. Sumber: https://pixabay.com/id/illustrations/mesin-pencari-hasil-pencarian-google-76519/ 


Apakah kalian pernah melihat papan iklan di jalan seperti banner, billboard atau yang lainnya? Itu adalah salah satu bentuk dari pemasaran merek atau produk dari suatu perusahaan. 

Namun dengan seiring perkembangan jaman, strategi pemasaran seperti itu sudah kurang efektif dan efisien karena pada saat ini teknologi sudah sangat berkembang. Bahkan di Indonesia sendiri, pengguna internet sudah menyentuh angka 197 juta pengguna pada tahun 2021 kemarin.

Salah satu penggunaan internet paling banyak yaitu penggunaan mesin pencari. Mesin pencari atau search engine adalah situs web yang mengumpulkan dan mengorganisir konten-konten data di internet sehingga memudahkan pengguna untuk menelusuri sesuai dengan kata kunci yang digunakan.

Salah satu contoh dari mesin pencari di internet adalah Google Search.

Google Search adalah salah satu mesin pencari yang paling terkenal. Dari 197 juta pengguna internet di Indonesia, sebanyak 99,2% menggunakan Google sebagai mesin pencari. 

Maka dari itu banyak dari perusahaan serta pebisnis menggunakan mesin pencari ini sebagai cara untuk memasarkan produk atau merek mereka. Salah satu strategi marketing yang dapat diterapkan pada mesin pencari ini adalah Search Engine Marketing.

Apa itu Search Engine Marketing?

SEM adalah strategi pemasaran online berbayar untuk meningkatkan visibilitas website atau produk di hasil pencarian.

Cara kerja SEM ini yaitu pengiklan memasang kampanye iklan dengan kata kunci yang relevan pada bisnis atau produk mereka. Ketika seseorang mencari kata kunci tersebut maka akan muncul website atau produk dari pengiklan, sehingga website atau produk pengiklan dapat dilihat dengan mudah oleh pengguna mesin pencari tersebut. Berikut contoh SEM pada saat saya mencari 'laptop murah' pada mesin pencari Google.

Tampilan SEM pada mesin pencari Google pada penelusuran
Tampilan SEM pada mesin pencari Google pada penelusuran "laptop murah." Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan