Mohon tunggu...
Sultan Dwi Asto
Sultan Dwi Asto Mohon Tunggu... Mahasiswa - LITERASI

KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Literasi Olahraga untuk Anak Sekolah Dasar pada Masa Pandemi

26 Oktober 2021   09:32 Diperbarui: 26 Oktober 2021   09:45 56 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Per tanggal 9 Maret 2020 WHO resmi menyatakan bahwa Wabah Covid-19 sebagai Pandemi Global. Sebelumnya, WHO menghindari kata "pandemi" dikarenakan akan menyebabkan rasa ketakutan terhdapa masyarakat. Tetapi, seiring berjalannya waktu wabah yang menyebar secara cepat dan luas membuat WHO resmi menyatakan COVID-19 sebagai pandemi.

Dengan adanya pandemi COVID-19 yang penyebarannya sangat cepat dan luas, WHO berharap kepada seluruh negara yang terjangkit agar lebih antisipatif dalam arti agresif dalam mencegah terpaparnya virus tersebut. 

Dengan mencegah virus tersebut, maka kita semua telah senantiasa berupaya untuk melindungi diri dan orang sekitar terutama masyarakat rentan. Masyarakat rentan yang dimaksud adalah lansia dan bayi. Namun begitu, anak-anak dan remaja tetap harus antisipasi mencegah terpaparnya virus tersebut  dikarenakan usia sekolah dasar hingga usia produktif itu merupakan potensial terbesar untuk menularkan virus (carrier)

Ahli penyakit menular dari AS, Cecile Viboud, mengatakan bahwa anak-anak sangat potensial untuk menularkan virus ke orang lain.

"Meski relatif kebal terhadap penyakit, anak-anak masih bisa menularkannya ke orang lain," ucap Viboud.

Maka dari itu pentingnya untuk mengedukasi anak-anak terutama usia sekolah dasar yang notabenenya berada  pada fase aktif bermain, belajar dan beraktivitas dirumah terkait cara mencegah terpaparnya COVID-19. Salah satu cara penting mencegah penularan yaitu dengan menjaga imun.

Menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan dengan berolahraga ringan dirumah, maka dari itu pentingnya literasi olahraga untuk kalangan sekolah dasar pada masa pandemi. Banyak Olahraga ringan yg dapat dilakukan anak-anak dirumah antara lain :

1. Senam

Olahraga yang ringan dan menyenangkan serta bisa melatih tubuh agar lebih lentur.

2. Menari

Menari dapat membuat anak lebih aktif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan